Rekonstruksi Pendidikan bagi Anak-anak dalam Menghadapi Situasi Pandemi Covid-19 menuju Era New Normal
Keywords:
Covid-19, Pendidikan, Pengajaran, edukasi anakAbstract
Pendidikan di berbagai wilayah mengalami penurunan akibat kondisi yang tidak kunjung membaik sehingga dibutuhkan perhatian dan konsep yang serius. Pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan model pendidikan bagi anak-anak di daerah pengabdian. Metode pengabdian ini menggunakan metode observasi, sosialisasi, pelaksanaan dan participation action research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui model penerapan pendidikan terhadap anak-anak dan tenaga pengajar. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator kemajuan semangat siswa-siswi dalam belajar, membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di sekolah dengan membuka kelas tambahan atau les privat bagi anak-anak, munculnya keinginan anak-anak untuk mempelajaari ilmu agama menjadi lebih tinggi dan santri bertambah, pemberdayaan edukasi mengenai pentingnya penggunaan masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah aktifitas mulai di terapkan. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa model pendidikan yang coba kami terapkan memiliki kekuatan yang efisien bagi anak-anak guna memajukan regenerasi di wilayah pengabdian
References
Abdul, R., & Rahmawati, M. (2020). Model Participation Action Research. Jurnal Ilmu Pendidikan, 62-71.
Haryanto. (2012). Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahi . Belajar Psikologi.
Organization, W. H. (2020, Agustus 13). www.Who.Int. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/healthy-parenting. Retrieved from www.Who.Int. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/healthy-parenting: www.Who.Int. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/healthy-parenting
AlbertEinstein.https://motivasee.com/semua-orang-itu-jenius-te-anda-menilai-ikan-kemampuannya/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Luthfi Firdausy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.