Optimalisasi Potensi UMKM di Kampung Cikarmajaya RW. 02 Desa Margaasih Melalui Digitalisasi Sosial Media
Kata Kunci:
Optimalisasi, digitalisasi, pemberdayaan, e-commerce, UMKMAbstrak
Keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi digital menjadi tantangan besar bagi para pelaku UMKM di Kampung Cikarmajaya, RW. 02, Desa Margaasih, Cicalengka dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Menyikapi permasalahan tersebut, pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan dan memberdayakan pengetahuan masyarakat khususnya para pelaku UMKM mengenai pentingnya digitalisasi UMKM serta meningkatkan target penjualan melalui pasar digital. Metode pengabdian mengadopsi langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) berupa siklus-siklus yang diusung oleh Tim Pusat Pengabdian LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa melalui bantuan peserta KKN Sisdamas kelompok 214 berupa sosialisasi, pembuatan, pelatihan, dan pemanfaatan sosial media kepada pelaku UMKM mampu menambah pengetahuan mengenai cara pemanfaatan sosial media dan e-commerce dalam memasarkan produknya serta target penjualan lebih meningkat karena jangkauannya sudah lebih meluas.
Referensi
Andang Saehu, F. N., 2019. KKN SISDAMAS: OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI. JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, Volume Vol.2 No. 2 Tahun 2019, p. 18.
Aulia R, Dahriansah D. Pemanfaatan Media Sosial untuk Sarana Promosi dan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial. Published online 2021. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/view/587
Fenny Anita, Goldha Faroliu, Ihsanul Fiqri, et al. Literasi Digitalisasi Promosi Pengenalan dan Pengembangan UMKM Aiiz Arang Grup Desa Sungai Pinang Melalui KKN Generasi Rabbani Emas. Jdistira. 2023;3(2):66-71. doi:10.58794/jdt.v3i2.538
Haeruddin N, Wahida A, Maming R. Peran Media Sosial dan E-Commerce bagi UMKM dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jesya. 2023;6(1):625-637. doi:10.36778/jesya.v6i1.962
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternative metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.
Raihan M, Nasution MIP, Sundari SSA. Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial. JUEB Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2023;2(1):27-34. doi:10.57218/jueb.v2i1.458
Sahputri S, Pristika FJ, Kasih AAC, Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM “Halua” di Desa Paya Rengas. Jurnal Social. Published online 2023. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5964
Soegijono, M. S. (1993). Wawancara sebagai salah satu metode pengumpulan data. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 3(1), 157152.
Syahputro, E.N. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM melalui Media Sosial. Caremedia Communication.
Yuniar SA, Berry Y, Khatimah H, Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Bagi UMKM Melalui Marketplace Di Desa Sumbereja. ADM J Abdi Dosen. Published online 2024. https://ejournal.lapad.id/index.php/adm/article/view/
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nanda Tiara Sabina Hidayatulloh, Aulia Maulidiyah, Imam Baihaqi, Nadra Kautsar Faturrohim, Salsabila Putri Ariesta Cahyani, R Ading Pramadi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

