Program Gemas (Gerakan Maca Sasarengan) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Baca

Authors

  • Muhammad Alif Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faira Tri Agustin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aslaa Nabilaah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sagara Muslim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Enok Risdayah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Ciparay, Literasi, Program

Abstract

Desa Ciparay RW 06 menghadapi masalah serius dalam hal literasi, khususnya di kalangan anak-anak usia sekolah. Rendahnya minat baca disebabkan karena kurangnya fasilitas yang ada di daerah tersebut untuk mendukung minat literasi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian pada kegiatan Program GEMAS (Gerakan Maca Sasarengan) di SDN Bojong Desa Ciparay menggunakan metode pendampingan partisipatif. Adanya program ini bertujuan meningkatkan minat literasi pada anak-anak RW 06 Desa Ciparay. Keberhasilan program ini dilihat dari antusiasnya anak-anak khususnya siswa-siswi SDN Bojong serta respon baik dari pihak-pihak yang bersangkutan saat sebelum bahkan ketika program berlangsung. Artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana partisipasi aktif mahasiswa KKN Kelompok 56 Sisdamas UIN Bandung dalam bidang literasi.

References

Agusta, K., Daniel, D., & Parida Lusila. (2021). Pengembangan literasi lingkungan untuk membangun sekolah sehat dan hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V2I2.243

Asnudin, A. (2011). “Pendekatan Partisipatif Dalam Pembangunan Proyek Infrastruktur Pedesaan di Indonesia”. Smartek, Vol. 8, No. 3

Balqis Nur. (2024). METODE PARTISIPATIF DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. https://doi.org/10.1186/1746-4269-9-70

Devianty, Rina. (2019). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 3(1).

Dhiya, Reva. Nakhwa., Rokmanah, Siti., & Syachruroji, Ahmad. (2023). Meningkatkan Minat Baca pada Anak Sekolah Dasar dengan Kegiatan Literasi Membaca 15 Menit Sebelum KBM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31342-31347.

Dien Sefty Framita1, Dian Maulita (2023) PENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT DENGAN GIAT LITERASI MELALUI PERPUSTAKAAN KELILING

Elendiana, Magdalena. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Jurnal Kebijakan Pendidikan UNY, VI(7), 732–744.

Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102–113.

Fikriyah, Fikriyah., Rohaeti, Titi., & Solihati, Anri. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107.

Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: Penerbit De La Macca.

Hariri Kurniawan, kur (2021)PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS NILAI-NILAI ADAT ISTIADAT SUNDA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS NILAI-NILAI ADAT ISTIADAT SUNDA.

Hidayati, V. R., Ermiana, I., Haryati, L. F., Rosyidah, A. N. K., & Anar, A. P. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pembelajaran Literasi dan Numerasi Sebagai Upaya Pencegahan Learning Loss Akibat Pandemi. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1)

Huda, F. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPSD STKIP Sebelas April Sumedang, 3(1), 42–52.

Ilmi, Nurul., Wulan, Neneng. Sri., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873.

Ir Hamid, Hendrawati. "Manajemen Agusta, K., Daniel, D., & Parida Lusila. (2021). Pengembangan literasi lingkungan untuk membangun sekolah sehat dan hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V2I2.243pemberdayaan masyarakat." (2018).

Kemdikbud. (2020). Guru penggerak indonesia maju. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

Kharizmi, Muhammad. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/NSE.V1I2.255

Muhammad Hilal Hidayat1 , Imam Agus Basuki2 , Sa’dun Akbar3 (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 6 Bulan Juni Tahun 2018

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Alif Ridwan , M. ., Tri Agustin, F., Nabilaah, A. ., Muslim, S. ., & Risdayah, E. . (2024). Program Gemas (Gerakan Maca Sasarengan) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Baca. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(1), 1–12. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5569

Issue

Section

Articles