Pembelajaran PPKn dengan Pendekatan Multikulturalisme untuk Menciptakan Ruang Inklusif untuk Memperkuat Toleransi Keberagamaan
Keywords:
Pancasila, Inklusif, Keberagamaan, ToleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menciptakan ruang inklusif di SDN Karyawangi untuk memperkuat toleransi keberagamaan. Penelitian ini berfokus pada pemahaman makna Pancasila sebagai landasan untuk menangani keberagaman. Metode kualitatif digunakan dengan pendekatan pendidikan multikultural, yang mencakup wawancara mendalam dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip Pancasila dapat meningkatkan kesadaran dan sikap positif terhadap keberagaman di lingkungan sekolah. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn membentuk budaya yang inklusif dan menghargai perbedaan,
menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa, tanpa memandang latar belakang budaya, sosial, atau agama mereka. Pendekatan ini mendorong sikap kerja sama, toleransi, dan saling menghargai.
References
Anugrah. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn)” 4, no. 1 (2024): 22–34.
https://doi.org/10.53299/jppiv4i1.403.
Aunika, Zida. “Kebijakan Pendidikan Multikultural: Manfaat dan Tantangan
Penempatan Peserta Didik Beragam Agama dalam Satu Rombongan Belajar.”
Dalam Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3:1–9, 2018.
https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp1-9.
Cahyaningtiyas, Nabila, dan Desi Nur Rahayu. “MENANAMKAN SIKAP DALAM
TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPS (MULTICULTURAL BASED).” PROPATRIA: Jurnal Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan 6, no. 1 (2023).
Hasanah, Hasyim. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode
Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).” Jurnal at-Taqaddum 8, no. 1
(2016).
Ibrahim, Rustam. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan
Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” ADDIN. Vol. 7, 2013.
Kholil, Mohammad. PARADIGMA MULTIKULTURALISME DAN MODERASI DUNIA
PESANTREN, 2022. http://wbs-indonesia.com/.
Nawwal, Ferdyan Hanif Katsirun, Hanung Hanindhito, dan Nur Indah Wahyuni.
“Mendorong Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila.”
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline 1, no. 11 (2023): 226–30.
https://doi.org/10.5281/zenodo.10248200.
Remiswal, dan Nil Khoiro. “PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN
TOLERANSI KEBERAGAMAAN DI SEKOLAH DASAR (SD) SWASTA ANWAR KARIM
III KABUPATEN PASAMAN BARAT.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 135.
Sa’diyah, Melani Khalimatu, dan Dinie Anggraeni Dewi. “Penanaman Nilai-Nilai
Pancasila di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022).
Septiani, Isti, An-Nisa Apriani, dan Lathifatul Izzah. “Implementasi Pendidikan
Pancasila di SD Negeri Bakulan.” Indonesian Journal of Elementary Education
and Teaching Innovation 1, no. 2 (2022).
https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJEETI.
Sipuan, Idi Warsah, Alfauzan Amin, dan Adisel. “Pendekatan Pendidikan
Multikultural.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 2 (6 Mei 2022).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nun Asmi Aida, Anggita Yuliandra, Ayunda Arum, Tio Aldo Nugraha Butar , Astuti Kusumorini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

