Pembelajaran PPKn dengan Pendekatan Multikulturalisme untuk Menciptakan Ruang Inklusif untuk Memperkuat Toleransi Keberagamaan

Authors

  • Nun Asmi Aida UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anggita Yuliandra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ayunda Arum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tio Aldo Nugraha Butar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astuti Kusumorini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pancasila, Inklusif, Keberagamaan, Toleransi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menciptakan ruang inklusif di SDN Karyawangi untuk memperkuat toleransi keberagamaan. Penelitian ini berfokus pada pemahaman makna Pancasila sebagai landasan untuk menangani keberagaman. Metode kualitatif digunakan dengan pendekatan pendidikan multikultural, yang mencakup wawancara mendalam dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip Pancasila dapat meningkatkan kesadaran dan sikap positif terhadap keberagaman di lingkungan sekolah. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn membentuk budaya yang inklusif dan menghargai perbedaan,
menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa, tanpa memandang latar belakang budaya, sosial, atau agama mereka. Pendekatan ini mendorong sikap kerja sama, toleransi, dan saling menghargai.

References

Anugrah. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan (PPKn)” 4, no. 1 (2024): 22–34.

https://doi.org/10.53299/jppiv4i1.403.

Aunika, Zida. “Kebijakan Pendidikan Multikultural: Manfaat dan Tantangan

Penempatan Peserta Didik Beragam Agama dalam Satu Rombongan Belajar.”

Dalam Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3:1–9, 2018.

https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp1-9.

Cahyaningtiyas, Nabila, dan Desi Nur Rahayu. “MENANAMKAN SIKAP DALAM

TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPS (MULTICULTURAL BASED).” PROPATRIA: Jurnal Pendidikan

Pancasila dan Kewarganegaraan 6, no. 1 (2023).

Hasanah, Hasyim. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode

Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).” Jurnal at-Taqaddum 8, no. 1

(2016).

Ibrahim, Rustam. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan

Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” ADDIN. Vol. 7, 2013.

Kholil, Mohammad. PARADIGMA MULTIKULTURALISME DAN MODERASI DUNIA

PESANTREN, 2022. http://wbs-indonesia.com/.

Nawwal, Ferdyan Hanif Katsirun, Hanung Hanindhito, dan Nur Indah Wahyuni.

“Mendorong Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila.”

Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline 1, no. 11 (2023): 226–30.

https://doi.org/10.5281/zenodo.10248200.

Remiswal, dan Nil Khoiro. “PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN

TOLERANSI KEBERAGAMAAN DI SEKOLAH DASAR (SD) SWASTA ANWAR KARIM

III KABUPATEN PASAMAN BARAT.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 135.

Sa’diyah, Melani Khalimatu, dan Dinie Anggraeni Dewi. “Penanaman Nilai-Nilai

Pancasila di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022).

Septiani, Isti, An-Nisa Apriani, dan Lathifatul Izzah. “Implementasi Pendidikan

Pancasila di SD Negeri Bakulan.” Indonesian Journal of Elementary Education

and Teaching Innovation 1, no. 2 (2022).

https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJEETI.

Sipuan, Idi Warsah, Alfauzan Amin, dan Adisel. “Pendekatan Pendidikan

Multikultural.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 2 (6 Mei 2022).

https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Aida, N. A., Yuliandra, A., Arum, . A. ., Butar , . T. A. N., & Kusumorini, A. (2024). Pembelajaran PPKn dengan Pendekatan Multikulturalisme untuk Menciptakan Ruang Inklusif untuk Memperkuat Toleransi Keberagamaan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(1), 1–12. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5532

Issue

Section

Articles