Sosialisasi Anti-Bullying di SDN Cibayun: Membangun Lingkungan Sekolah yang Aman dan Nyaman
Keywords:
Margajaya, bullying, KKN, sosialisasi, siswaAbstract
Bullying di sekolah masih menjadi masalah serius di Indonesia. Kegiatan KKN di SDN Cibayun Margajaya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap bahaya bullying serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Kegiatan ini dimulai dengan observasi dan diskusi dengan pihak sekolah untuk merencanakan program yang efektif. Pada 21 Agustus 2024, kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan yang meliputi pemutaran animasi tentang bullying, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan penandatanganan komitmen anti-bullying menggunakan cat jempol. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang bullying dan munculnya komitmen bersama untuk menghentikan praktik tersebut. Artikel ini menyajikan metode, pelaksanaan, dan hasil kegiatan.
References
Vania, S. A. A. (2023). Analisis Faktor Dan Cara Penanganan Bullying. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3), 36-53.
Sari, N. M. D. S., Suastini, K., Anggawati, P. D. Y., Dinanti, D. P., Putri, N. L. W. A., & Ardianti, N. P. K. (2024). Mencegah Bully di Sekolah Dasar. Nilacakra.
Ibrahim Nur, A. (2021). Belajar Berinovasi Di Kala Pandemi Dalam Upaya Mencerdaskan Bangsa. LP2M UIN SGD Bandung.
Ramdani Wahyu, S., Aziz Ronaz, R., Fridayanti, F., Mardiyansyah, Y., Dulqiah, D., & Uriawan, W. (2016). Paradigma dan Siklus KKN SISDAMAS.
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Thariq Kemal Milady, Najwa Adila Rohidin, Rosanna Widianti Aziizah , Khalisha Razan Supyansuri, Ismail Jafar Shodiq, Ateng Supriyatna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.