Optimalisasi Proses Pembelajaran Daring Diwilayah Rt 02 Rw 04 Desa Rahayu

Authors

  • Abdul Haris Hukum Ekonomi Syariah, Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rini Sulastri Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Optimalisasi, bimbingan belajar, pembelajaran daring

Abstract

Proses pembelajaran dimasa pandemi covid 19 yang dilaksanakan secara daring membuat peserta didik merasa bosan dan pembelajara tidak kondusif. Tujuan dari pengabdian ini, untuk mengoptimalkan proses pembelajaran peserta didik tingkat sekolah dasar di wilayah RT 02 RW 04 Desa Rahayu. Proses pengoptimalan proses pembelajaran dilakukan dengan cara bimbingan belajar dengan membuat kelompok belajar untuk menyelesaikan tugas sekolah dan sebagai tambahannya kegiatan mengaji. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah metode pemberdayaan masyarakat yang membutuhkan kontribusi langsung dari masyarkat, dalam pelaksanaannya dibantu oleh karang taruna sebagai tenaga pengajarnya. Indikator keberhasilan ini dapat dibuktikan dengan kemajuan para peserta didik dalam memahami materi, memperbaiki sikap, serta tanggapan langsung dari orang tua peserta didik.

References

Anwar, H. M. Muhammad (2018) Inovasi Sistem Pendidikan. VII(2). Hal 161

Kusnadi. (2017). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare to be Different”. Jurnal Wahana Pendidikan 4(1). Hal 132

Murtadlo, Ali & Khusna Widhyahrini (2019). Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. QUALITY. 7(2). Hal 32-47.

SURAT EDARAN NOMOR 15 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Haris, A., & Sulastri, R. (2021). Optimalisasi Proses Pembelajaran Daring Diwilayah Rt 02 Rw 04 Desa Rahayu . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 15–23. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/54

Issue

Section

Articles