Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang

Authors

  • Refa Adinda Fauziah Isni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

anak, kecanduan gadget, penanganan, pandemi

Abstract

Penggunaan gadget yang meningkat pesat di masa pandemi Covid-19 menyebabkan banyak dampak terhadap penggunanya, sasaran dampak negatif yang paling rawan adalah kecanduan gadget pada anak usia sekolah dimana usia ini adalah masa penting dalam perkembangan kognitif, motorik, dan sosial pada kehidupan anak. Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui dampak sekaligus memberikan penanganan yang tepat dalam menangani kasus kecanduan gadget pada anak usia sekolah yang terus meningkat selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung. Metode yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa observasi dan kajian literatur. Hasil akhir dari upaya penanganan yang dilakukan penulis menunjukkan grafik yang positf, anak mulai merespon betapa banyak hal yang bisa dilakukan yang lebih bermanfaat dan lebih menyenangkan daripada seharian hanya bermain gadget, anak juga mulai menunjukkan ketertarikan serta perubahan melalui upaya-upaya penanganan yang disiapkan penulis selama observasi. Tak hanya pada anak, orangtua juga ikut terbawa arus positif yang dihasilkan dari hasil penanganan terhadap kecanduan gadget pada anak usia sekolah selama masa pandemi ini.

References

Abdulatif, Sofian., Triana. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490-1494. https://jptam.org/index.hp/jptam/article/view/1125

Amri dkk. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19. TRAPILA : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 14-23. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933

Ariston & Frahasini. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. JERR : Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86-91. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675

Budi, MEP. (2020). Pelaksanaan Kelas Digital Parenting Bertema Cara Mencegah Kecanduan Gadget di Mada Golden Age. Rosyada : Islamic Guidance and Counceling, 1(1), 23-38. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/rosyada/article/view/2413/0

Chusna, Puji Asmaul. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330

Frahasini dkk. (2018). The Impact of The use of Gadgets in School of School Age Towards Children’s Social Behavior in Semata Village. Journal of Educational Social Studies 7 (2), 161-168.

Hadiwidjodjo. (2014). Dampak Positif Penggunaan Gadget Bagi Anak. Diunduh dari http://www.satuharapan.com/life/8dampakpositifpenggunaangadget-bagi-anak

Hana Pebriana, Putri. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interkasi Soaial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1), 1- 11.

Herodotou, C. (2018). Young children and tablets: A systematic review of effects on learning and development. Journal of Computer Assisted Learning, 34(1), 1–9. https://doi.org/10.1111/jcal.12220

Machmud, K. (2018). The Smartphone Use in Indonesian Schools: The High School Students’ Perspectives. Journal of Arts and Humanities, 7(3), 33. https://doi.org/10.18533/journal.v7i31354

Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Murdjito, Gatot. 2012. Metoda Pengabdian Pada Masyarakat. Modul disampaikan pada Pelatihan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2012 (Tidak diterbitkan).

Pers, S. (2014, februari). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Diunduh dari kominfo.go.id: ttps://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaranpers-no17pihkominfo22014-tentang- risetkominfodan-unicef-mengenai-perilakuanak-dan-remajadalam- menggunakaninternet/0/siaran_pers

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Kegiatan Menggambar Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114

Puspitasari, dkk. (2021). Analisis Dampak Gadget Pada Pembentukan Karakter Dalam Masa Pandemi Covid 19 Siswa MI Muhammadiyah 27 Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1).http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Setianingsih, dkk. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster: Jurnal Kesehatan 16 (2), 191-205.

Warisyah, Yusmi. (2015). Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 130138.

Widya, Rika. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu 13(1). 2934. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888

Wulandari, P. Y. (2016). Anak Asuhan Gadget. Diambil 31 Agustus 2021, dari https://www.liputan6.com/health/read/2460330/anak-asuhan-gadget

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187– 192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh

Zaini, M & Soenarto. (2019). “Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 1, 254-264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Zhallina, Nuryus. (2019, 11 Desember). Kecanduan Gadget pada Usia Dini Semakin Menghawatirkan. Diakses pada 01 September 2021. https://www.suara.com/yoursay/2019/12/11/135739/kecanduan-gadget-pada-usia- dinisemakin-menghawatirkan

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Adinda Fauziah Isni, R. ., & Anugrah, D. . (2021). Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 149–165. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/538

Issue

Section

Articles