Optimalisasi Identitas UMKM Di Desa Wangunharja Melalui Desain Logo : Studi Kasus Pada CV. Barokah
Abstract
Dalam dunia bisnis di Indonesia banyak permasalahan yang dihadapi saat ini, salah satunya adalah ketatnya persaingan produk dalam ranah pemasaran dengan perusahaan-perusahaan besar yang produknya telah memenuhi mutu standarkualitas. Kurangnya keahlian para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas produk yang menjadi penyebab permasalahan ini. UMKM dapat meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan dengan merek sendiri. Dengan membuat website untuk UMKM, membuat platform media sosial, dan memberikan logo yang bermakna. Branding UMKM memungkinkan UMKM untuk dikenal oleh masyarakat umum, tujuannya agar penjual memiliki merek atau merek sendiri, dan dengan logo produk yang dijual, produk mereka juga dapat dikenal oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, logo merupakan elemen yang sangat signifikan dalam UMKM. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu PAR (Partisipatory Action Research) dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa KKN berinisiatif untuk menyelenggarakan pelatihan desain logo dan kemasan dengan mengundang pakar kewirausahaan dan akademisi dari UIN Sunan Gunung Djati. Dan hasilnya UMKM di Desa Wangunharja, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat yang awalnya kemasan produknya kurang menarik menjadi lebih menarik.
References
DAFTAR PUSTAKA
Etty Zuliawati Zed, Dkk. Pentingnya Logo/Brand Dalam Membangun Branding Pada Umkm di Cikarang Utara. Jurnal Inovasi Global. Vol. 2, No. 3, Maret 2024
Zahrotul Muafidah, Dkk. Optimalisasi produk UMKM melalui pelatihan desain logo dan kemasan di Desa Kalijambe Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(1), 2024.
Maimunah, Rahmayanti, D., & Kurniawan, H. (2024). Analys of Economic Growth on Java Island. Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 11(1), 61-73).
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097–1103
Suwandi, Andreas, Susanti, Susanti, & Nisrina, Nisrina. (2023). Pengembangan Logo pada Produk sebagai branding UMKM di Desa Wisata Kertarahayu. Journal of Tourism and Creativity, 7(2), 108–112.
Utomo, Ichsan Widi. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, 8(1).
Wahdaniah, Infra, Toni, Ahmad, & Ritonga, Rajab. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hamzah Akmal, Lusi Amarawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.