Strategi Pembiasaan Membaca Sebagai Metode Peningkatan Konsentrasi Anak di Pendidikan Kober Cahaya di Desa Neglasari

Authors

  • Salma Nurhasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sakinah Maulani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zia Nadira Auliya UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Neglasari Majalaya, Pembiasaan, Konsentrasi pada anak

Abstract

Permasalahan konsentrasi anak dalam belajar saat ini menjadi permasalahan yang utama, maka pentingnya pembiasaan sejak dini terhadap kemampuan penguasaan konsentrasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan konsentrasi pada anak usia dini yang dilakukan di Kober Cahaya tepatnya di Desa Neglasari, Majalaya. Dengan adanya strategi pembiasaan membaca sebelum kelas dimulai penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam aspek kognitif, sosial-emosional, dan aspek lainnya. Observasi ini dilakukan kurang lebih selama dua pekan dengan mahasiswa KKN yang langsung mengikuti kegiatan di lapangan dan didampingi oleh guru di lembaga tersebut. Pembiasan membaca juga memberikan dampak baik pada konsentrasi anak yaitu untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Dengan adanya pembiasaan membaca sebelum kegiatan dimulai juga menjadikan anak memiliki pencapaian dalam menguasai kosakata dan perbendaharaan kata pada anak. Konsentrasi juga merupakan kemampuan anak untuk tetap fokus dan mempertahankan konsistennya selama menyelesaikan kegiatan awal dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian pentingnya memanfaatkan waktu okus anak dengan kegiatan pembiasaan yang meningkatkan konsentrasi anak pada kegiatan belajar tahap awal.

References

Arkanto, S. (1993). Manajement Pengajaran. Jakarta : Rineka Kaya.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Basri, W. H. (2023). Strategi Mengajar Guru di TK Nurul Azmi Sesuai dengan Ajaran Nabi Muhammad . Journal on Education , 2137-2146.

Nana Sudjanam, W. S. (1991). Model-Model Mengajar CBSA . Bandung : Sinar Baru .

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah . Jakarta: Rineka Cipta.

Pd, M. R. (2004). Metode Pengajaran di TK . Jakarta : Rineka Cipta.

Rahman, H. S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : PGTKI Press.

Yuliartina, E. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Paud Yasin Alsys. YASIN : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 1, 54

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Nurhasanah, S. ., Maulani, S. ., & Auliya , Z. N. (2024). Strategi Pembiasaan Membaca Sebagai Metode Peningkatan Konsentrasi Anak di Pendidikan Kober Cahaya di Desa Neglasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(7), 1–8. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5253

Issue

Section

Articles