Pendampingan Program Gerakan Maghrib Mengaji bagi Anak-Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Cisauheun Kota Banjar

Authors

  • Elly Marlina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilma Listia Nurhasani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sheha Rahmalia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Umi Latifah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zahra Aini Sari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendampingan, Anak-Anak, Maghrib Mengaji

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat serta perubahan gaya hidup masyarakat, mampu mengubah pola perilaku masyarakat. Berbagai aktivitas dan kebersamaan seringkali tergantikan dengan kegiatan menjelajahi dunia maya atau gadget. Ditambah dengan adanya covid-19, keadaan yang memaksa masyarakat untuk beralih dari yang terbiasa offline menjadi online. Dengan adanya pandemi ini, telah berdampak besar terhadap berbagai bidang dalam kehidupan manusia, diantaranya dalam bidang pendidikan dan keagamaan. Kegiatan keagamaan tersebut dilakukan secara online sehingga  masjid yang biasanya ramai dengan anak-anak yang mengaji menjadi sepi dan hening. Maka dari itu, mahasiswa KKN DR Sisdamas 155 melakukan kegiatan pendampingan terhadap program “Maghrib Mengaji” khususnya di lingkungan Situbatu. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan semangat kembali dalam mengaji dan juga untuk mengurangi penggunaan gedget dan juga memberikan solusi trhadap permasalahan lain seperti kurangnya tenaga pengajar dan keberagaman metode pengajaran yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode sisdamas atau Berbasis Pemberdayaan masyarakat. Hasil dari pengabdian ini yaitu munculnya motivasi anak-anak untuk terus mengaji, tumbuhnya kecintaan anak pada Al-Qur’an serta meminimalisir penggunaan gadget.

References

Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D., & Marlin, S. (2020). Peran Masjid Bagi Generasi Milenial. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI), 2(1), 52–64.

Faisal, S. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hasanah, N., & Hamdan, A. M. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70–88.

Hero, Y. (2021). Mengelola Hutan Lindung Berdaarkan Tipologi: Model Pengelolaan Hutan Lindung Masa Depan Indonesia. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Ilyas, M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 04(01), 58–85.

Indra, D. (2014). Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Magrib Mengaji di Provinsi Sumatera Barat (Study Komparatif di Tiga Daerah). Jurnal Al-Fikrah, 2(2), 101–113.

Istiqomah, H., & Sayudi. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Jurnal El-Miqdad: Jurnal PGMI, 11(2), 155–168.

Kartika, R., & Nurman. (2018). Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Nagari Ubuk Basung Kabupaten Agam. Journal of Civic Education, 1(2), 141–148.

Kurnia, R. (2011). Akhlak Mulia Menjadi Dirimu Yang Terbaik. Jakarta: PT Imperial Bhakti Utama.

Qodim, H. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rosidah, I. M. (2020). Pendampingan Pembelajaran Serta Upaya Peningkatan Fasilitas Pendidikan Di Desa Kraton Pada Masa Pandemi Covid-19. Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1–9.

Sari, P. S. (2021). Kepemimpinan Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Marlina, E., Nurhasani, H. L. ., Rahmalia, S., Latifah, U., & Sari, Z. A. . (2021). Pendampingan Program Gerakan Maghrib Mengaji bagi Anak-Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Cisauheun Kota Banjar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 125–139. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/521

Issue

Section

Articles