Tingkatkan Kesejahteraan UMKM: Bersama Program Kerja KKN 209 UIN Bandung Mengenai Ekonomi Kreatif Melalui Inovasi Usaha Kawat Bulu
Keywords:
KKN, UMKM, ekonomi kreatif, inovasi, kawat bulu, pemberdayaan, desain produk, pemasaran digital, jaringan kerjasama.Abstract
Program KKN 209 UIN Bandung berfokus pada peningkatan kesejahteraan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Cikuya melalui pengembangan ekonomi kreatif. Penelitian ini secara khusus menitikberatkan pada inovasi usaha kawat bulu, sebuah kerajinan tangan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Melalui serangkaian kegiatan, seperti pelatihan, pendampingan, dan pengembangan produk, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk kawat bulu, memperluas jaringan pemasaran, serta memberdayakan masyarakat desa. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi observasi, wawancara, dan pelatihan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk merumuskan strategi pengembangan usaha yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan inovasi pada desain produk, penggunaan media sosial sebagai platform pemasaran, serta pengembangan jaringan kerjasama, UMKM kawat bulu dapat meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing produk kawat bulu.Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi usaha kawat bulu memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar, sekaligus melestarikan kekayaan budaya lokal.
References
Nanda, M. A., Sugandi, W., Yusuf, A., Amaru, K., & Maulana, A. S. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN PADA BIDANG EKONOMI, KESEHATAN, PERTANIAN, DAN PETERNAKAN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2710-2721.
Martono, S., & Febriyanti, R. (2023). Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kota Salatiga. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 153-168.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farida Hasanah, Annasya Bulan Merdika, Safira Putri Maulida, Rida Mariska, Karinan Novia Rohali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.