Model Edukasi Bulliying Dalam Mencegah Perilaku Perundungan pada Kalangan Sekolah Dasar
Keywords:
Bullying, Milenial, EdukasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi model edukasi dalam upaya pencegahan bullying serta mengenai bagaimana menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan positif guna mencegah serta mengurangi kasus bullying dan dampaknya terhadap siswa. Dengan meningkatnya fenomena kasus bullying di Indonesia dengan data dari KPAI hingga 13 Februari 2023 mencatat peningkatan 1.138 kasus kekerasan fisik dan psikis. Ini merupakan situasi yang sangat mengkhawatirkan. KPAI juga menyatakan bahwa mayoritas kasus ini dialami oleh siswa sekolah dasar. Oleh karenanya Pendidikan tentang bullying sangatlah penting ini berkaitan dengan strategi peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan pemahaman siswa, sehingga dapat mendorong perubahan perilaku yang lebih baik. Selain itu lingkungan sekolah yang aman serta bersifat positif juga harus mampu untuk mendukung suasana belajar, serta melindungi peserta didik dari segala macam ancaman dan bahaya yang menganggu terhadap proses belajar mereka. Terhadap hal demikian kelompok KKN 392 Desa Pasanggrahan sebagai model pengabdian merancang sebuah kegiatan yaitu edukasi bulliying dengan tema “menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan positif melalui edukasi bulliying” sebagai bentuk pelaksanaan dari tahapan siklus pengabdian sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat, juga sebagai upaya awal dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan positif melalui pembentukan sikap negatif terhadap bulliying. Adapun hasil dari adanya kegiatan ini ialah berdampak positif terhadap peningkatan pemahaman para siswa mengenai tindakan bulliying.
References
anak, U. u. (2020). Perundungan di Indonesia : Fakta-Fakta kunci, solusi, dan rekomendasi.
Dasar, T. P. (2021). Stop Bullying / Perundungan Yuk! Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Habsyah Saparindah Agustina, A. N. (2024, Juli). Pelaku Bulliying Pada Remaja di SMP Negeri Kabupaten Subang : Studi Deskriptif. Jurnal Keperawatan Cikini, 5(2).
Maria Natalia Bete, A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bulliying Di SMA Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1).
Putri, H. A. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Shofiyyah Marhaely, A. P. (2024). Literature Review : Model Edukasi Upaya Pencegahan Bulliying Untuk Sekolah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1).
Siti Uswatun Khasanah, S. N. (2024, Januari-Februari). Penyuluhan Edukatif : Stop dan Cegah Bulliying di Lingkungan Sekolah. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 07(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Farhan Kusnadi, Hasna Suci Lintang Sari, Resta Komalasari, M. Sandi Marta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

