Eksplorasi Pengalaman dan Dampak Program Mengajar serta Bimbingan Belajar di SDN Cijagra 1, 2, dan 3 Desa Mekarpawitan melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Authors

  • Fitria Dewi Lestari Fitria UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Desa Mekarpawitan, pengabdian masyarakat, program mengajar, Pendidikan sd.

Abstract

Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini menguraikan pelaksanaan program Pendidikan "Mengajar" di Sekolah Dasar (SD) Cijagra 1, 2, dan 3, yang terletak di Desa Mekarpawitan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dengan memberikan bantuan pengajaran dan dukungan kepada siswa. Metode yang digunakan dalam program mengajar mencakup pendekatan inovatif dalam mengajar, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Sebagai bagian dari inisiatif ini, mahasiswa KKN berkolaborasi dengan guru lokal untuk menyusun materi ajar dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif. Program ini juga melibatkan bimbingan belajar (bimbel) yang ditujukan untuk siswa SD di posko KKN, dengan tujuan membantu mereka memahami materi pelajaran lebih baik dan meningkatkan keterampilan akademis mereka. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa serta pemahaman materi yang lebih baik. Laporan ini menyajikan analisis mengenai proses, pelaksanaan, dan dampak dari program mengajar, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan di masa depan.

References

Amanah. S. 2017. “Makna Penyuluhan Dan Transformasi Perilaku Manusia.” Jurnal Penyuluhan 4 (1): 63–67.

Anggraini, Citra, Denny Hermawan Ritonga, Lina Kristina, Muhammad Syam, and Winda Kustiawan. 2022. “Komunikasi Interpersonal.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1 (3): 337–42. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611.

Laia, Bestari. 2022. “Sosialisasi Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Di Desa (Studi: Desa Sirofi).” Haga: Jurnall Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2): 78–84. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/HAGA/article/view/325.

Mulyana, 2005. “Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar,” 73.

Riana Mayasari, Jovan Febriantoko, Rian Rahmanda Putra, Hendra Hadiwijaya, Dedy Kurniawan. 2022. Digitalisasi Desa: Pilar Pembangunan Ekonomi Desa. Komitmen pemerintah untuk merevitalisasi penyuluhan beserta sarana dan prasarana pendukungnya mutlak diperlukan. Kolaborasi antara pemerintah masyarakat peneliti dan pekerja pembangunan merupakan kunci keberhasilan pembangunan.

Suyanti, Ririn, Amir Iskandar, Universitas Balikpapan, Fakultas Ekonomi, and Universitas Balikpapan. 2024. “PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR” 4 (2).

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Fitria, F. D. L. (2024). Eksplorasi Pengalaman dan Dampak Program Mengajar serta Bimbingan Belajar di SDN Cijagra 1, 2, dan 3 Desa Mekarpawitan melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(5), 1–9. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4900

Issue

Section

Articles