Penerapan Metode Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di SMP Nurul Gina Abidin Desa Sindangsari
Abstrak
Pendidikan di tingkat SMP memainkan peran penting dalam membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan siswa. Namun, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran sering kali menjadi tantangan yang harus dihadapi, terutama di daerah pedesaan. SMP Nurul Gina Abidin, yang terletak di Desa Sindangsari, menghadapi masalah rendahnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran interaktif guna meningkatkan partisipasi aktif siswa di sekolah tersebut. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menilai efektivitas penerapan metode pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan siswa, motivasi belajar, serta kemampuan komunikasi mereka. Pembelajaran berbasis kelompok dan simulasi interaktif menjadi elemen kunci dalam peningkatan partisipasi ini.
Referensi
Astuti, D. Y., & Padang, A. T. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMP di Tengah Pandemi Covid-19. KAIROS : Jurnal Ilmiah.
Damaika, Wahyuni, S., & Seleky, J. S. (2022). Penerapan Metode Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Online. Seminar Nasin=onal Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi.
Jannah, E. S. (2019). Penerapan metode pembelajaran "active learningsmall group discussion" di perguruan tinggi sebagai upaya peningkatan proses pembelajaran. Jurnal pendidikan dasar.
M. Royani, B. M. (2014). Keterampilan bertanya siswa smp melalui strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada materi segi empat. Jurnal Pendidikan Matematika.
Raja Nugraha, I. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI).
Sari, A. Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC:Media of Teaching Oriented and Children.
Setiawan. (2020). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan. Jurnal Pembangunan Pendidikan.
Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasti Belajar Siswa. Jurnal PGSD : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Wibowo. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK negeri 1 Saptodari. Jurnal electronics, informatics, and vocational education (ELINVO).
Zuriarti. (2018). Penerapan metode small group discussion dalam pembelajaran pendidikan agama Islam: dampak terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas X SMA. Jurnal LP3M.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zitka Siti Zamira, Amalia Ahdyatul Kamalyah, Rizqi Aprilianes Aprilianes, Zahra Amala Faeruziani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

