“Peran Mahasiswa Dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Yang Religius Dan berkarakter Dengan Merealisasikan Lomba Keagamaan”
Keywords:
Peran Mahasiswa, Generasi Muda, Lomba KeagamaanAbstract
Artikel ini membahas peran penting mahasiswa dalam membentuk generasi muda yang religius dan berkarakter melalui penyelenggaraan lomba keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi bagaimana kegiatan lomba keagamaan dapat menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai-nilai religius dan karakter positif pada generasi muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam kegiatan ini, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman agama tetapi juga membentuk karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerjasama. Dengan demikian, lomba keagamaan menjadi alat strategis dalam pendidikan karakter yang holistik dan berkelanjutan.
References
Alif Achadah dan Muhammad Muhammad Ilyas, “Aktualisasi Pendidikan Karakter Religius Untuk Membentuk Perilaku Baik Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Ash Sholihuddin Dampit,” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 4, no. 02 (2021),
Kasidi Kasidi, Supiah Supiah, dan Mariaty Podungge, “Pewarisan Nilai Budaya Religius Dalam Membentuk Kesalihan Sosial Anak Dan Generasi Muda,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 11, no. 1 (2023), https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9688.
Widyaningrum Widyaningrum, Sigit Tri Utomo, dan Ana Sofiyatul Azizah, “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Remaja Melalui Kegiatan Rutin Pembacaan Kitab Maulid Diba’ Di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung,” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner
Aidil Amin Effendy, Heri Murtiyoko, dan Widhi Wicaksono, “PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MEMBANGUN GENENERASI MUDA YANG BERKOMPETEN DAN RELIGIUS P ADA MADRASAH ALIYAH UMMUL QURA PONDOK CABE, PAMULANG TANGERANG SELATAN,” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 2, no. 1 (2019), https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i1.3596.
Dodik Kariadi dan Wasis Suprapto, “TRADISI MEMAOS SEBAGAI MEDIA EDUKATIF UNTUK MEMBANGUN JIWA RELIGIUS GENERASI MUDA,” Edudeena : Journal of Islamic Religious Education 2, no. 1 (2018), https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.560.
Y Trifai, “Peran Remaja Masjid Al-Basyariyah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Pada Generasi Muda Di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan,” Skripsi (2022).
Nurdiah Nurdiah dkk., “Manajemen Rumah Qur’an Dalam Mencetak Generasi Qur’ani,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1 (2023), https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1167
Ro’fat Hizmatul Himmah, Imam Bonjol Jauhari, dan Ahidul Asror, “ADAB SEBAGAI AKTUALISASI ILMU PADA KONSEP ISLAM,” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 14, no. 2 (2023), https://doi.org/10.30739/darussalam.v14i2.1837
Alfian Hidayat, “PERAN GURU DALAM MEMBENTUK ADAB SISWA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM,” Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022), https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i1.1104.
Moh Rifqi Rahman dan Bassam Abul A’la, “Inspirasi Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Telaah Sistem Penilaian Pembelajaran Di Korea Dan Belanda),” EDUKATIF :
JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 2 (2022),https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2428.
Kiki Endah, “Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa,” Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6, no. 1 (2020).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahayu Ebbi Gustia, Syahadah Musthofa Ibrahim Shalah, Monika Tessa, Rahmatullah Saepuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.