Membangun Jaringan Bank Sampah Sebagai Solusi Penanganan Sampah Serta Menumbuhkan Sirkular Ekonomi Masyarakat Desa Hantakan

Authors

  • Ahmad Athaillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syauqi Numairi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Haikal As-Shidqi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kholik Abdul Basit UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ira Ryzki Wahyuni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bank sampah, ekonomi, penanganan sampah

Abstract

Desa Hantakan yang terletak di Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu desa dengan pemukiman yang padat. Dengan pemukiman yang padat tersebut sampah yang dihasilkan sekitar 15 ton perbulannya. Namun, Sampah tersebut tidak memiliki sistem pengelolaan yang memadai. Hal ini merupakan masalah yang telah ada sejak lama di tengah masyarakat desa Hantakan dan belum terselesaikan hingga saat ini. Selain itu, mengingat desa Hantakan yang berlokasi dekat dengan sungai, di kawasan ini pernah terjadi bencana banjir pada awal tahun 2021. Persoalan sampah yang tidak terkelola dengan baik merupakan salah satu factor penyebab terjadinya banjir. Dari latar belakang masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa pengadaan Bank Sampah dengan tujuan mengatasi masalah sampah dengan bijak dan meminimalisir pemicu banjir. Upaya yang dilakukan yakni dengan membangun Kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Hasil yang didapatkan yaitu terkelolanya sampah di desa Hantakan melalui program bank sampah yang terkoordinasi dengan DLH, serta menumbuhkan sirkular ekonomi masyarakat desa Hantakan.

References

Rosnawati, W. O., Bahtiar, B., dan Ahmad, H. (2018). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Masyarakat Pemukiman Atas Laut Di Kecamatan Kota Ternate. Techno: Jurnal Penelitian, 6(02), 48–56.

Taufiq, A dan Maulana, M. F.. (2015). Sosialisasi Sampah Organik Dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 68–73.

Irawan, I. B. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Pengelola Bank Sampah Mapan, Bank Sampah Green Life, Bank Sampah Mayag dan Bank Sampah Menur di Kota Surakarta.

Hasnam, L. F., Syarief, R., & Yusuf, A. M. (2017). Strategi pengembangan bank sampah di wilayah Depok. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 3(3), 207-407.

Suarta, G. (2017). Konsep Evaluasi Perencanaan Dan Terapannya Pada Program Penyuluhan . Badung : Fakultas {eternakan Universitas Udayana.

Auliya, A. N., Choirunnisa, E., & Arif, L. (2020). Peran Lsm Spektra Dalam Mutualism Partnership Program Bnk Sampah. Societes: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 9(1), 52-56.

Shentika, P. A. (2016). Pengelolaan bank sampah di kota Probolinggo. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 8(1), 92-100.

Suryani, A. S. (2014). Peran bank sampah dalam efektifitas pengelolaan sampah (studi kasus bank sampah Malang). Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 5(1), 71-84.

Zulkarnain yuliarso, M., & Purwani, D. A. (2018). Perubahan Sosial Masyarakat Melalui Gerakan Bank Sampah: Studi Pada Bank Sampah Gemah Ripah, Desa Badegan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jurnal AGRISEP Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 17(2), 207-218.

Santoso, S. B., Margowati, S., Dyah, K., Pujiyanti, U., Pudyawati, P. E., & Prihatinintyas, S. (2021). Pengelolaan Sampah Anorganik Sebagai Upaya Pemberdayaan Nasabah Bank Sampah. Community Empowerment, 6(1), 18-23.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Athaillah, A. ., Syauqi Numairi, A. ., As-Shidqi, M. H. ., Abdul Basit , K. ., & Ryzki Wahyuni , I. . (2021). Membangun Jaringan Bank Sampah Sebagai Solusi Penanganan Sampah Serta Menumbuhkan Sirkular Ekonomi Masyarakat Desa Hantakan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(28), 54–65. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/480

Issue

Section

Articles