Pengembangan Program Sosialisasi Partisipatif Mahasiswa KKN UIN Bandung Kelompok 318 Dalam Meningkatkan Kesadaran Anti-Bullying dan Toxic relationship Siswa SMP NEGERIEGERIegeri 6 Lembang
Keywords:
Bully, toxic relationship, kkn sisdamas, sosialisasi partisipatifAbstract
Artikel ini membahas mengenai pengembangan program sosialisasi partisipatif oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Gunung Djati Bandung kelompok 318 dalam upaya meningkatkan kesadaran anti-bullying dan toxic relationship di kalangan siswa SMP Negeri 6 Lembang. Program ini dirancang untuk menghadapi permasalahan kekerasan dan hubungan pertemanan tidak sehat yang sering dihadapi oleh remaja. Melalui pendekatan partisipatif, mahasiswa KKN bekerja sama dengan guru dan siswa untuk merancang dan melaksanakan serangkaian kegiatan edukatif, seperti pemaparan materi, diskusi, dan simulasi kasus. Dalam penelitian ini, metode diskusi dan wawancara digunakan untuk mengukur perubahan sikap dan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah program dilaksanakan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 9F di SMP Negeri 6 Lembang dengan total 39 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai dampak bullying dan toxic relationship, serta penurunan perilaku negatif terkait. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan program serupa di sekolah lain dan dapat berkontribusi bagi penanggulangan isu sosial terkait bullying dan toxic relationship di tingkat remaja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Uyaynah Azra, Mutiara Jihan Aziza, Afifah Khoirunnisa, Irma Karismawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.