Kelompok 48 - KKN Bumiwangi Upaya Meningkatkan Literasi Di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Dengan Ruang Baca Dan Perpustakaan Desa
Keywords:
Perpustakaan DesaRuang BacaAbstract
Abstrak
KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung kelompok 48 di Desa Bumiwangi, Ciparay, Kabupaten Bandung, menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Untuk mengatasi tantangan tersebut, kelompok KKN menginisiasi program ruang baca dan perpustakaan desa. Program ini bertujuan untuk memberikan akses yang lebih mudah terhadap buku dan bahan bacaan lainnya. Meskipun terdapat beberapa kendala, program ini berhasil meningkatkan minat baca masyarakat, terutama anak-anak dan remaja. Dalam pelaksanaannya menggunakan metode sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan serta evaluasi, dan keberlanjutan. Program kerja dilaksanakan pada minggu kedua KKN yaitu pada tanggal 2 Agustus 2024 sampai 17 Agustus 2024. Proses pelaksanaan program kerja diinisiasikan atas keinginan masyarakat Desa Bumiwangi dan setelah program kerja terlaksana kami melakukan evaluasi dengan mewawancarai masyarakat mengenai program ruang baca dan perpustakaan desa yang kami laksanakan.
Kata Kunci: Perpustakaan Desa, Ruang Baca
Abstract
KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung group 48 in Bumiwangi Village, Ciparay, Bandung Regency, faces challenges in increasing people's interest in reading. To overcome these challenges, the KKN group initiated a village reading room and library program. This program aims to provide easier access to books and other reading materials. Even though there are several obstacles, this program has succeeded in increasing people's interest in reading, especially children and teenagers. In its implementation, it uses methods of socialization, planning, implementation, monitoring and evaluation, and sustainability. The work program was implemented in the second week of KKN, namely from 2 August 2024 to 17 August 2024. The process of implementing the work program was initiated based on the wishes of the people of Bumiwangi Village and after the work program was implemented we carried out an evaluation by interviewing the community regarding the village reading room and library program that we implemented.
Keywords: Village Library, Reading Room
References
Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., ... & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97-105.
Aini, T. S., Syahfitri, D., & Hidayani, S. (2022). Peran Perpustakaan Terhadap Minat Baca Anak di MIS Mawaddah Gebang. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 1-14.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.
Febianti, F. (2021). Gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui peran perpustakaan dan pustakawan. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 3(1), 82-107.
Niswaty, R., Darwis, M., Andriani M, D., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 71-78.
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh ruang baca terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa di sekolah dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397-1402.
Rahma, N. M., Pratiwi, R. N., & Niken, L. V. A. (2015). Strategi peningkatan minat baca anak (Studi Pada ruang baca anak perpustakaan umum dan arsip daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(5), 763-769.
Sumardi, A., Lutfi, L., Farihen, F., & Banowati, S. P. (2021, February). Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Mini pada Anak SD di Bekasi Utara. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Safitri, Anandyta Latifah Putri, Chaeranny Fuji Nurul Latifah, Mohammad Irgi Alfauji, Dadan Suherdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.