PEMBERDAYAAN SOSIAL DI MASA PANDEMI SERTA MENINGKATKAN TARAF EDUKASI DAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KAMASAN

Authors

  • N.Kardinah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Savitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farhan Al-Pahrul UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gifar Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, ekonomi, sosial, religious, pandemi

Abstract

Profesi warga RT 01 RW 09 Desa Kamasan mayoritas sebagai tenaga pengajar dan juga wirausahawan. Sejak sebelum pandemi lingkungan ini dikenal sebagai Kawasan yang ramai akan kegiatan belajar mengajar dan juga dengan aktifitas berwirausaha. Setalah setahun lebih pandemi berlangsung, warga mulai kesulitan dalam melakukan aktifitas yang biasa dilakukan dan untuk menjalani kehidupan. Maka dari itu para mahasiswa hadir bertujuan untuk membantu memulihkan keadaan yang ada. Dimulai dari melaksanakan program sosial, ekonomi, hingga agama. Metode yang dilakukan untuk melakukan penelitian dan pengabdian adalah dengan metode observasi / pengamatan lapangan. Warga sangat antusias dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang sudah disajikan. Manfaat dapat dirasakan secara langsung saat kegiatan berlangsung. 

References

Qomariah, N. (2016). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PENGEMBANGAN “ SOFT SKILL PEMBUATAN KRUPUK SAMILER” DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI PATEN BONDOWOSO. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS, 1(2), 64-70.

RISTEK-BRIN. (2020). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII. Jakarta Pusat: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Hasanah, H. (2016, Juli). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46.

KABU

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

N.Kardinah, Muhammad, Savitri, A., Al-Pahrul, F., & Nugraha, G. (2021). PEMBERDAYAAN SOSIAL DI MASA PANDEMI SERTA MENINGKATKAN TARAF EDUKASI DAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KAMASAN. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(16), 113–129. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/471

Issue

Section

Articles