Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keagamaan Mahasiswa KKN di Kelurahan Wargamekar RW 06 RT 02
Keywords:
Kelurahan Wargamekar RW 06 RT 02, Pemberdayaan, Program keagamaanAbstract
Artikel ini membahas peran mahasiswa KKN, khususnya dalam program KKN Sisdamas, sebagai tenaga pengajar dan pemberdaya masyarakat dalam upaya meningkatkan pemahaman ilmu keagamaan serta spiritualitas keagamaan di RW 06 RT 02 Kelurahan Wargamekar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Melalui metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan berbagai pihak serta dokumentasi. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengajaran TPA, pembacaan Surat Yasin dan Tahlil, kajian Kitab Riyadhus Shalihin, serta pengajian Kitab Maulid al-Barzanji. Program ini berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan, memperkuat spiritualitas, dan mempererat hubungan sosial antarwarga. Artikel ini menunjukkan pentingnya kolaborasi mahasiswa KKN dalam mendukung pendidikan keagamaan di masyarakat pedesaan.
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Issue 112). Jakarta : Direktorat Diktis Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.
Arsyad, A. (2016). YASINAN DAN IMPLIKASINYA: MOTIVASI DAN PEMAHAMAN ANGGOTA MAJELIS TAKLIM TERHADAP SURAH YASIN DI KOTA MAKASSAR. Tafsere, 4, 40–56.
Bachmid, G. (2014). Kitab Barzanji Dalam Perspektif Masyarakat Muslim di Manado, Sulawesi Utara. Jurnal Lektur Keagamaan, 12(2), 419–440.
Biroli, A., & Purwanto, E. (2021). Social Mapping (Membedah Konsep dan Aplikasi Pemetaan Sosial) (M. Afifuddin (ed.); 1st ed.). Jejak Pustaka.
Fattah, A., & Ayundasari, L. (2021). Mabbarazanji : Tradisi Membaca Kitab Barzanji dalam Upaya Meneladani Kehidupan Nabi Muhammad Saw. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 49–60.
Khaira, W., & Siswanto, I. (2021). Pendidikan Karakter Menurut Imam Nawawi dan Aplikasinya dalam Kehidupan. Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(2), 329–342.
Khusna, E. R., Fahri, T. A., Rifa’i, M., & Rohani, I. (2023). Penanaman Nilai Ukhuwah Islamiyah Masyarakat Melalui Kegiatan Yasinan Di Ngrayun-Baosan Lor. Jurnal ISC: Islamic Science Community, 2(1), 27–35.
LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2024). Petunjuk Teknis KKN SISDAMAS UIN SGD Bandung Tahun 2024 “Mewujudkan Rahmatan lil Alamin.” Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Muna, C. (2022). Eksistensi Peran Mahasiswa Dalam Pengabdian Masyarakat. Eastasouth Journal of Impactive Community Services (EJIMCS), 1(1), 32–50. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i01.24
Nurlela, N., Mujiono, S., Lestari, W., Jamilah, Z., Fatma, Y., Ananda, P., & Wati, R. (2023).
Peran Mahasiswa KKN Sebagai Tenaga Pengajar Di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Desa Purwosari. Jurnal Kegiatan Pengabdian Mahasiswa (JKPM), 1(2), 83–86.
Ramdhan, R. M., Afdhal, A., & Asep, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Keagamaan Islam di Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, Provinsi Maluku. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 30–35. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.30-35
Rodin, R. (2013). Tradisi Tahlilan Dan Yasinan. IBDA`: Jurnal Kebudayaan Islam, 11(1), 76–87.
Rokhayati, Y. (2021). Pembuatan Video Dokumenter Kegiatan Pengabdian Masyarakat.
Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 95–100. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4286
Setiawan, D., Hapinudin, H., Fadila, N., Wardana, B., Argadhana, K., & Ibrahim, R. (2023).
Optimizing Asset-Based Community Development: MDTA Al-Barokah’s Role in
Enhancing the Educational Quality for Children in Desa Jaharun B Galang. Al- Arkhabiil : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 20–30. https://doi.org/10.51590/jpm_assunnah.v3i4.524
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hana Mariatul Qibtiyah, Alif Fatah Al Biruni, Nahla Fatha Winarti, Ahmad Imamul Islam, Hajir Tajiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.