Strategi Peningkatan Literasi Membaca pada Kalangan SD/MI di Dusun Cicalung Desa Cibitung

Penulis

  • Dilla Febrianti uin sunan gunung djati bandung
  • Cika Nurinayah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hisyam Arief Zulfani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Meilia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fauzi Herdiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fauzi Herdiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deni Suswanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Literasi membaca, strategi Peningkatan, cicalung

Abstrak

Literasi membaca merupakan kemampuan dasar yang penting untuk keberhasilan hidup, memungkinkan individu mengakses informasi, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analisis, dan pemecahan masalah. Di dunia pendidikan, literasi membaca menjadi kunci pemahaman materi dan pencapaian prestasi akademik. Dusun Cicalung di Desa Cibitung, Subang, Jawa Barat, menghadapi tantangan besar terkait rendahnya tingkat literasi membaca, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muawanah. Keterbatasan sumber daya, rendahnya motivasi, dan pengaruh lingkungan menjadi faktor yang menghambat perkembangan literasi anak-anak di daerah ini. Penelitian kualitatif yang dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan kepala sekolah serta dewan guru mengungkapkan bahwa mayoritas siswa, terutama kelas bawah, mengalami kesulitan membaca. Dari sampel 37 siswa kelas II hingga VI, sebagian besar masih belum mampu membaca dengan lancar. Selama tujuh hari proses belajar mengajar, ditemukan bahwa latar belakang sosial-ekonomi, dukungan keluarga, dan lingkungan turut mempengaruhi rendahnya literasi di MI ini. Untuk meningkatkan literasi membaca, strategi yang disarankan meliputi peningkatan akses terhadap bahan bacaan berkualitas, peningkatan kompetensi guru, keterlibatan orang tua, integrasi teknologi, dan penciptaan lingkungan belajar yang mendukung di sekolah. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan literasi membaca dan membantu siswa mencapai potensi akademik mereka.

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5241-5246.

Ardhian, S. M. (2024). Implementasi MediaMembaca Ideovisual Oleh Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah Untuk Siswa Difabel Rungu Di Sekolah Luar Biasa B (SLB-B) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Banda Aceh. Banda Aceh: (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora).

Arsyad, A. A., Sulistyo, L., Rahayu, W., & Fatmawati, E. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Program Pelatihan Komputer Di DesaTerpencil. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 654-661.

Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71-82.

Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S. S., Saputra, S., & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Bantul: Penerbit K- Media.

Ayuningrum, A., Mabruroh, M., & Dewi, R. S. (2023). Analisis bahan ajar literasi dan numerasi di sekolah dasar. Journal on Education, 6(1), 9257-9267.

Idhartono, A. R. (2023). Literasi digital pada Kurikulum Merdeka belajar bagi anak. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 91-96.

Mustari, M. (2022). Manajemen pendidikan di era merdeka belajar. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nainggolan, R., Nababan, R. D., Sianturi, S. L., Habibah, N., Ishadi, I. F., & Siallagan, L. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Literasi Membaca Buku di Sd Yayasan Duta Harapan Bukit Sion Medan. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 149-162.

Nugroho, A. W., & Dewi, A. A. (2024). Kajian Literatur: Peran Lingkungan Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Belajar Anak. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(3), 21-31.

Nurlinah, N. (2023). Integrasi Teknologi Pembelajaran dalam Upaya untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkep. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1131-1136.

Putra, A. M., Sahputra, E., & Saputera, S. A. (2024). Peningkatan Minat Baca Dan Literasi Anak Melalui Program Pengabdian Masyarakat Di Sekolah Dasar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 156-160.

Rezeki, T. I., Irwan, I., Sagala, R. W., Rabukit, R., & Ningsih, E. I. (2024). Pemberdayaan Literasi Dan Numerasi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswadi Sd Negeri 17 Tanjung Selamat. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 3(2), 144-151.

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Rochman, S. (2021). Peningkatan kompetensi guru melalui workshop model integrasi terpadu literasi sains dan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 107-116.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Febrianti, D., Cika Nurinayah, Hisyam Arief Zulfani, Meilia Putri, Muhammad Fauzi Herdiansyah, Muhammad Fauzi Herdiansyah, & Deni Suswanto. (2024). Strategi Peningkatan Literasi Membaca pada Kalangan SD/MI di Dusun Cicalung Desa Cibitung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(7), 1–9. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4583

Terbitan

Bagian

Articles