Peningkatan Potensi Guru di Kampung Kp. Siderang Legok
Keywords:
guru, pegabdian, potensiAbstract
Pendidikan merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya. Guru merupakan fasilitator untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, penting kiranya agar potensi yang dimiliki seorang guru merata tanpa membedakan latar belakang atau letak daerahnya. Adanya KKN Sisdamas ini, membuat kita lebih peka terhadap masyarakat dan keadaan di lingkungan terdekat. Dengan refleksi sosial dan analisis secara langsung melalui observasi, didapatkan bahwa pendidikan seorang guru perlu diperhatikan dan pelatihan terkait mekanisme dan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan sangat diperlukan. Dengan adanya pelatihan tersebut, guru mampu mengaktualisasikan rancangan sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan peningkatan potensi guru, maka peserta didik mampu bersaing dengan dunia luar dalam ranah kognitifnya, dan stigma mengenai anak daerah yang tertinggal itu akan hilang. Pendidikan akan maju apabila gurunya memiliki kompetensi yang seharusnya dimiliki.
References
Zulhimma. 2015. ‘Upaya Peningkatkan Kopetensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam’. Jurnal Tarbiyah.Vol. 22. No. 2.
Susilowati.,Indah.Dkk. 2013. “Strategi Peningkatan Kopetensi Guru Dengan Pendekatan Analisys Hierarchy Process”. JEJAK.Journal of Ekonomics and Policy. Vol.6.No.1.
Tedjawati.J.M. 2011. “Peningkatan Kopetensi Guru Melalui Lesson Study Kasus DiKabupaten Bantul ”. Pusat Penelitian Kebijakan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17. No. 4
Saifulloh.M.,Dkk. 2012. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah”. Jurnal Sosial Humaniora. Vol.5. No. 2. Hal.206-218.
Sihotang.,Hotmaulina.Dkk. 2019 “Peningkatan Kopetensi Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Dalam Educational 4.0”. Jurnal Comunita Servizio. Vol. 2 No. 1.
Annisa. 2019. ‘Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Workshop’. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 6. No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Syifa Khaerunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.