Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini ke tahap Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Telarsari

Authors

  • Anisa Kartikasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dela Asti Fadilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Ainun Nisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sophia Nurhasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Karlina Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi Covid 19, PAUD, Sekolah Dasar, Telarsari

Abstract

Pendidikan formal, informal ataupun non formal merupakan sebuah keharusan bagi setiap manusia, karena Pendidikan dianggap sebagai sektor penting dalam membangun jati diri yang lebih baik dan terdidik. Adanya pandemi covid-19 ini sangat berdampak berat bagi manusia, termasuk pada sektor pendidikan.  Sehingga semua lembaga pendidikan diintruksikan agar dilakukan secara daring/online dari rumah. Salah satu desa yang ada di jawa barat yang terkena dampak pandemi ini dari sektor pendidikan yaitu desa Telarsari. Akibat adanya intruksi untuk tidak melakukan sekolah tatap muka, kemampuan dan pengetahuan para murid menjadi kurang berkembang. Namun disisi lain adapula faktor lain yang menyebabkan kurang berkembangnya pengetahuan dan kemampuan murid, yaitu karena kurangnya murid yang mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan fokus pada pendidikan dan pengabdian terhadap anak-anak di Desa Telarsari. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan dan wawancara, diskusi dan ceramah. Hasil Pengabdian yaitu Mengetahui perbedaan kemampuan belajar siswa Sekolah Dasar yang terlebih dahulu masuk PAUD dan yang tidak mengikuti PAUD. Dapat diketahui bahwasanya PAUD memiliki fungsi penting bagi anak ketika memasuki tahap Sekolah Dasar.

References

, U. N. (n.d.). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia.

Ariyanti, T. (2016). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGITUMBUH KEMBANG ANAKTHE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATIONFOR CHILD DEVELOPMENT. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN DASAR, 51.

Aryanti, T. (2018). Urgensi Sekolah PAUD Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No. 1.

Dr. H. Mahmud, M. S. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Idris, Z. (1992). Pengantar Pendidikan I. Jakarta: Grasindo.

Izzan, A. d. (2012). Tafsir Pendidikan Studi ayat-ayat berdimendi pendidikan . Banten: Pustaka Aufa Media.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Marimba, A. D. (1998). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.

Nuraini, Y. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Santoso, R. (2014, Desember 08). Perbedaan Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal. Retrieved September Senin, 2021, from NBLOGNLIFE: http://www.nblognlife.com/2014/12/perbedaan-pendidikan-formal-pendidikan.html

Setiawan, A. (2016). KONSEP PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI DAN AL-FARABI(Studi Komparasi Pemikiran). Tarbawiyah, 63-65.

Siti Aisyah, d. (2007). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini . Jakarta: Universitas Terbuka.

Tatik, A. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, No 1.

Tokyo, B. D. (n.d.). UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Retrieved September senin, 2021, from PMPK.KEMDIKBUD: https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf.

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Kartikasari, A. ., Fadilah, D. A., Nisa, P. A. ., Nurhasanah , S. ., & Rachmawati , K. . (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini ke tahap Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Telarsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(26). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/449

Issue

Section

Articles