Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kehidupan dan Perekonomian Masyarakat Dabo Singkep Kabupaten Lingga Kepulauan Riau

Authors

  • Novin Meisha Syahidan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifania Nurizqia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Kuliah Kerja Nyata, Mahasiswa, Pandemi

Abstract

Kuliah Kerja Nyata saat pandemi covid-19 seperti ini berbeda dengan KKN pada umumnya.  KKN pada saat pandemi covid-19 bisa dilakukan secara kelompok atau individu langsung di lapangan dan bisa secara mandiri daring.  Dengan adanya KKN di tengah pandemi covid-19 diharapkan Mahasiswa tetap memiliki urgensi pengabdian sehingga dapat mengembangkan kompetensi Mahasiswa dan interaksi dalam bersosial di masyarakat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kuliah Kerja Nyata sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.  Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah kelompok 290 KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung yakni 2 orang dan beberapa masyarakat Dabo Singkep Kabupaten Lingga Kepulauan Riau.  Metode pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi.  Metode wawancara pada Penelitian ini digunakan bertujuan menggali informasi kepada masyarakat mengenai kebermanfaatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi covid 19.  Hasil pada Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemi masih tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan peran Mahasiswa masih bisa dilakukan dengan rangkaian kegiatan inovatif serta tetap menjalankan protokol kesehatan.  Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah proses pembelajaran bagi mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat.  Pelaksanaan KKN ditujukan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap (1) berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya untuk menghadapi pandemi Covid-19 dan (2) program yang diharapkan berkelanjutan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan masyarakat islam yang sebenar-benarnya. 

 

References

Al Umar, A.U. A. 2021. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19(Studi Kasus Iain Salatiga Kkn 2021). Menulis Arikel untuk Jurnal Ilmiah, 39-44, Salatiga: IAIN Salatiga.

Deni, Septian. 2021. “PPKM Berlanjut, Masyarakat Masih Tak Pede Dengan Kondisi Ekonomi Indonesia.” Liputan6.com, 08 september 2021, https://m.liputan6.com/bisnis/read/4652652/ ppkm-berlanjut-masyarakat-masih-tak-pede- dengan-kondisi-ekonomi-indonesia?utm_medium=copylink&utm-campaign=copylink.

Mufida, Anisa. 2020. Polemic Pemberian Bantuan Sosial Di Tengah Pandemic. Adalah: Bulletin Hukum & Keadilan, 159-166 Volume 4 No.1, Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Pramaniek , N. D. 2020. Dampak Bantuan Paket Sembakodan Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Padalarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Intelektiva: jurnal ekonomi, sosial dan humaniora. 113-120. Volume 01 No.12 Juli 2020, Bandung: Politeknik Piksi Ganesha.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Syahidan, N. M. ., & Nurizqia, R. . (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kehidupan dan Perekonomian Masyarakat Dabo Singkep Kabupaten Lingga Kepulauan Riau. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 126–135. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/431

Issue

Section

Articles