Kegiatan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Menghadapi Covid-19

Authors

  • Luthfi Fadhlu Rohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nadia Tri Dewiastuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Annisa Afiati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mufid Ridlo Effendi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pendidikan, KKN

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang menjadi dasar untuk menunjang masa depan seseorang, pendidikan yang ditempuh seseorang tersebut dapat berpengaruh terhadap kehidupannya pada masa yang akan datang. Mengerti pentingnya Pendidikan sudah seharusnya ditanamkan sedari kecil, namun bagaimana jadinya ketika sekolah yang semestinya membantu para orangtua mendidik anaknya justru membuat anak semakin malas belajar. Di era pandemi seperti ini semua sekolah terpaksa melakukan pembelajaran secara daring, hal ini membuat para orangtua kesusahan dalam memberikan Pendidikan sekolah kepada anaknya, salah satu alasan para orangtua kewalahan adalah karena tidak sedikit dari mereka yang bekerja dan mengurus anak yang lebih kecil. Metode yang diterapkan adalah pengarahan, pemberian pemahaman, serta memberikan bantuan, dengan membantu para orangtua mengajari dan membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan sekolah. Selama 3 minggu mengadakan kegiatan mengajar, hasil yang didapatkan adalah anak-anak mulai semakin giat mengerjakan tugas dan lebih lancar dalam membaca dan berhitung. Kegiatan KKN ini membantu anak-anak lebih menyukai belajar dan menyadari pentingnya Pendidikan, para orangtua pun merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini.

 

References

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/2902

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Rohman, L. F. ., Dewiastuti, N. T. ., Afiati, N. A. ., & Effendi, M. R. . (2021). Kegiatan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Menghadapi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 117–125. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/430

Issue

Section

Articles