Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Anak Melalui Kegiatan Magrib Mengaji
Keywords:
Meningkatkan, hafalan, anakAbstract
Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an dan sebaik-baik usia adalah usia keemasan. Kendatipun demikian banyak pengajian-pengajian di kampung yang tidak maksimal mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak terutama dalam hal menghafalnya. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an Juz 30 pada anak melalui kegiatan Magrib Mengaji. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui penerapan model menghafal Al-Qur’an yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) Talaqqi 2) Tikrar 3) Ta Akhi/Ta Ukhti 4) Setoran Ke Guru dan 5) Murajaah. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari meningkatnya hafalan Al-Qur’an anak-anak yang mengikuti magrib mengaji. Adapun indikator peningkatan hafalan Al-Qur’an anak-anak meliputi peraihan juara 1 dan 2 lomba tahfidz yang dimenangkan oleh anak yang mengikuti kegiatan magrib mengaji. Pengabdian ini menyimpulkan model menghafal Al-Qur’an yang terdiri dari 5 tahapan metode ini memiliki pengaruh bagi peningkatan hafalan Al-Qur’an anak-anak.
References
Praktis Menghafal al-Qur’an. Jakarta:Bumi Aksara.
Alex Sobur. (2010). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
Dina Y. Sulaeman. (2007). Mukjizat Abad 20: Doktor Cilik Hafal dan Paham Al-Qur’an. Depok: Pustaka Iman.
Hasan bin Ahmad Hasan Hammam. (2007). Perilaku Nabi SAW Terhadap Anak-Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Maitsa Ulinnuha Assalwa. (2017). Efektivitas Metode Tikrar dalam Program Hifzul Qur’an Santri Madrasah Aliyah Ponpes Al Iman Muntilan Magelang. SKRIPSI. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rahmat Dan Mira Mirnawai. (2020). Model Participation Action Risearch Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Sa’dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Zakizamani dan Muhammad Syukfron Maksum. (2009). Menghafal Al Qur’an Itu Gampang Belajar dari Maestro Al Qur’an Nusantara. Yogyakarta: Mutiara Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Akbar Nurhasan Basri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.