Bimbingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Haur Lawang

Authors

  • Rina Komalasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ramdan Saefuloh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khoiruddin Muchtar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bimbingan Belajar, Belajar dari Rumah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran dari rumah anak Sekolah Dasar melalui proses bimbingan belajar di Dusun Haur Lawang, salah satu dusun di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang. Beberapa orang tua mengaku kesulitan dalam membimbing anak-anak yang sedang melaksanakan Belajar Dari Rumah terutama ketika pengerjaan tugas. Oleh karena itu dilakukan kegiatan bimbingan belajar dari rumah sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Metodologi pengabdian yang dilakukan yaitu refleksi sosial, perencanaan partisipatif, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Faktor pendukung peningkatan kualitas belajar anak adalah dukungan dari orang tua, fasilitas belajar yang memadai serta komunikasi yang baik antara guru di sekolah dengan anak. Peran program bimbingan belajar ini adalah sebagai bentuk pengabdian berupa bimbingan belajar agar kualitas pembelajaran anak dari rumah mengalami peningkatan dan menjadi kegiatan yang efektif.

 

References

Aji, R. H. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i.

Dewi Wahyu A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 5 Tentang Pedoman Penyelenggaran Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. 2007. The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal E-Learning, Vol. 5 (3). 1.

Rozak, A. dkk. 2018. Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction) Vol. 1 No. 1.

Sari, F. I, Sulaeman, Asep, dkk. 2021. Edukasi dan Bimbingan Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19. Abdi Pandawa-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 01 No. 01.

Tsaniya Zahra Yuthika Wardhani, Hetty Krisnani, 2020. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.07 No.01

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Komalasari, R. ., Saefuloh, R. ., & Muchtar, K. . (2021). Bimbingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Haur Lawang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 87–97. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/408

Issue

Section

Articles