Pendampingan Belajar Siswa SDN 3 Karangbenda Sebagai Solusi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Pendampingan Belajar, Pandemi, Covid-19, KKN-DRAbstract
Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi angka penyebaran covid 19 yang salah satunya dengan menerapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan atau sistem online sejak maret 2020. Salah satu kendala yang dirasakan siswa biasanya adalah kesulitan dalam mengerjakan tugas, karena terdapa siswa yang kurang paham terhadap tugas yang diberikan guru. KKN-DR SISDAMAS 2021 mengadakan program kerjaberupa pendampingan belajar dari rumah dan dari sekolah (ketika sudah diizinkan tatap muka oleh pemerintah) bagi siswa SDN 3 Karangbenda. Tujuan program kerja ini adalah untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, khususnya pada saat daring.
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizah, N. (2010). Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi (Studi di Panti Asuhan Yatim Putra Islam Berbah Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimiewa Yogyakarta). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Handarini, o. I., & wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) Selama pandemi covid 19. Jurnal Administrasi perkantoran. 8(3).
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta : Nuha Litera.
Mulyono Abdulrahman. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Safrudin, H. (2014). Pengaruh Pelayanan Bimbingan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Bimbingan Konseling, IKIP Veteran Semarang. 2 (1), 63
Tarwiah, V.J. (2012). Pengaruh Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri Godean, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Thahir, A. & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), Universitas Islam Negeri Raden Inten Lampung. 1 (2), 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Yusron Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.