Green House Sebagai Penanggulangan Pemanasan Global Dalam Proses Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMPN 1 Cimaung
Kata Kunci:
green house, pemanasan global, pendidikan karakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengayaan green house di lingkungan sekolah sebagai upaya dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa salah satunya dalam kesadaran lingkungan yaitu pada penanggulangan pemanasan global dalam proses sains khususnya bagi siswa SMPN 1 Cimaung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Osis, dan Peserta Didik yang berada dilingkungan SMPN 1 Cimaung. Tekhnik analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verifying. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya pengayaan green house di lingkungan sekolah akan meningkatkan pendidikan karakter peserta didik sebagai usaha untuk meningkatkan kesadaran peduli lingkungan dan salah satu penanganan pemanasan global. Hal ini dibuktikan dengan verifikasi data dengan rubrik penilaian data, bahwa dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi menunjukkan bahwa pengayaan green house dapat meningkatkan pendidikan karakter bagi masyarakat sekolah khususnya peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter siswa dapat terbentuk dengan adanya program peduli lingkungan salah satunya pengayaan green house dilingkungan sekolah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mila Deliana, Muhammad Mufid, Riska Amelia Sari, Salma Nur Alifah, Syifa Nurul Ismie Salsabila, Fuad Hilmi, Teti Nurhayati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

