Peningkatan pemahaman baca tulis Al-Quran dengan metode Wafa pada siswa Kelas 6 MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo

Authors

  • Muh. Faris Nurwahid UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ira Ryski Wahyuni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Pengabdian, Pengajaran

Abstract

Salah satu lokasi KKN DR di wilayah Kota Gorontalo, Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Yaitu MIT Terpadu Al Ishlah. MIT Terpadu Al Ishlah merupakan sekolah dasar yang menggunakan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al Quran dan As Sunnah, sehingga para siswa dituntut untuk dapat membaca, memahami, dan mengahfalkan ayat-ayat Al Quran sejak dini. Namun berdasarkan observasi di lapangan, masih ada beberapa siswa yang merasa tidak mampu dalam menyesuaikan diri dengan metode pembelajaran khususnya penghafalan Al Quran, sehingga banyak yang memilih untuk pindah dan melanjutkan sekolah di sekolah dasar pada umumnya. Selain itu kurangnya tenaga pengajar Quran atau guru Quran di MIT Terpadu Al Ishlah merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi saat ini. Hasil pendampingan baca tulis Al Quran dengan metode Wafa yang merupakan salah satu cara mengajar mengaji berbasis otak kanan, mampu meningkatkan kemampuan tilawah siswa dan mempercepat penghafalan sebanyak 67% atau sebanyak 4 siswa. Sehingga dengan kurun waktu yang cukup singkat, maka dapat dikatakan bahwa metode ini sangat cocok untuk diterapkan pada siswa di sekolah dasar.

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Nurwahid, M. F. ., & Wahyuni, I. R. (2021). Peningkatan pemahaman baca tulis Al-Quran dengan metode Wafa pada siswa Kelas 6 MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(25), 53–59. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/399

Issue

Section

Articles