2 Pembelajaran Alam sebagai Penyelaras Generasi Muda dalam Menghargai Kekayaan Alam Desa Patengan

Authors

  • Fauzan Ahmad Wijaya Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati https://orcid.org/0000-0002-1197-5773
  • Ihsan Ramadhan Kimia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Tia Mutiara Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ana Widiana Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Patengan, sekolah alam, pengabdian, KKN, program, konservasi

Abstract

Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dibuktikan lewat jajaran hutan dan satwa-satwa liar seperti Surili, Owa Jawa, lutung, macan tutul, dan babi hutan yang hidup di sana. Di sisi lain, anak-anak menjadi bagian penting konservasi karena lingkungan berpengaruh pada tumbuh kembang mereka. Oleh sebab itu kekayaan alam ini harus dijaga dan dilestarikan dengan salah satu caranya lewat pembelajaran alam. Pembelajaran alam dilakukan dengan pelaksanaan sekolah alam di RW 9 Desa Patengan. Pra-kegiatan ini dilakukan dengan wawancara kepada masyarakat. Selanjutnya kegiatan utama dari sekolah alam ini yaitu edukasi konservasi hewan dan jelajah dengan sasaran anak-anak di SDN Patengan dan Kampung Pasanggrahan RW 9 Desa Patengan. Kegiatan ini disambut baik dan memiliki keterhubungan dengan pengetahuan anak-anak. Keterhubungan ini ditunjukan dengan anak-anak mengetahui hewan-hewan yang disampaikan selama kegiatan. Kedua kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengedukasian konservasi dan peningkatan literasi spesies.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Wijaya, F. A., Ramadhan, I., Mutiara, T., & Widiana, A. (2024). 2 Pembelajaran Alam sebagai Penyelaras Generasi Muda dalam Menghargai Kekayaan Alam Desa Patengan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 14–30. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3908