PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI MELALUI PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING GUNA MEMPERLUAS PANGSA PASAR DI DESA GIRIMUKTI

Authors

  • Syahdan Syuro A UIN bandung
  • Fakhri Hadi
  • Rai Galih Muta'ali
  • Silvia Nur Indah
  • Muhammad Ikbal

Keywords:

Desa Girimukti, Digital Marketing, Pengembangan Ekonomi, Workshop UMKM

Abstract

Artikel ini membahas tentang upaya pengembangan potensi ekonomi melalui strategi digital marketing di Desa Girimukti, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan oleh Mahasiswa/i Kelompok 200 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sisdamas Moderasi Beragama Tahun 2023 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung selama 40 hari. Latar belakang artikel ini adalah ketersediaan potensi ekonomi yang melimpah di Desa Girimukti, namun pemanfaatannya masih minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bekal kepada para pelaku usaha, terutama remaja, dalam mengembangkan potensi ekonomi di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan partisipatif dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Girimukti memiliki potensi ekonomi dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan sektor pariwisata. Mayoritas masyarakat berkomoditas dalam sektor-sektor tersebut. Workshop UMKM diadakan untuk memberikan pemahaman tentang digital marketing, E-Commerce, dan pemanfaatan media sosial dalam bisnis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa digital marketing dapat menjadi solusi dalam mengembangkan potensi ekonomi Desa Girimukti. Program Workshop UMKM memberikan bekal kepada pelaku usaha untuk bersaing di era digital. Meskipun hasilnya belum signifikan, program ini memiliki potensi untuk membantu masyarakat mengadopsi digitalisasi ekonomi.

References

Admin. (2023). SCHMU.ID. Diambil kembali dari Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli: https://schmu.id/digital-marketing-menurut-paraahli/#:~:text=Dave%20Chaffey%20dan%20PR%20Smith,layanan%20dengan%20memberikan%20nilai%20tambah.

Desa, P. (2023). Jurnal Patriot Desa Jawa Barat Desa Girimukti Triwulan I - II. Membangun Desa Membangun Indonesia.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Syahdan Syuro A, Fakhri Hadi, Rai Galih Muta’ali, Silvia Nur Indah, & Muhammad Ikbal. (2023). PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI MELALUI PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING GUNA MEMPERLUAS PANGSA PASAR DI DESA GIRIMUKTI. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3), 148–163. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3828