Implementasi Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Asing di SDN Budigalih

Implementation of Innovative Learning Strategies in Increasing Interest in Learning Foreign Languages at Budigalih Elementary School

Authors

  • Salma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shafa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Teguh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zaenal UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bimbingan Belajar, Edukasi, Kreatif, Kurikulum, KKN

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengabdian langsung dalam masyarakat. Dalam pelaksanaanya, ada berbagai program yang harus dijalankan oleh mahasiswa untuk implementasi ilmu yang di dapat selama di perkuliahan di dalam masyarakat. Peneliti memfokuskan pembahasan mengenai program bahasa asing karena dirasa sangat penting untuk pendidikan di SDN Budigalih yang masih minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat bahasa asing di SDN Budigalih yang tidak banyak dipelajari di sekolah, guna memudahkan siswa untuk ke mempelajari bahasa asing untuk pembelajaran ke depannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil dari program ini mempunyai efek positif terhadap siswa yang mengikutinya, siswa lebih mudah menerapkan pembelajaran yang diberikan ke dalam kehidupan sehari hari. Kendala yang ditemukan adalah adanya ketidak efektifitasnya alokasi waktu yang sangat terbatas, dan kurangnya fasilitas belajar yang memadai.

References

Aprianto, D, M Innuddin, I N M Yasa, and ... “Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Bagi Anak-Anak Usia Sekolah.” JPMB: Jurnal … X, no. X (2021): 121–34. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/168%0Ahttps://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/download/168/166.

Asmin, Arny Irhani. “Pengenalan Dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini Untuk Mempelajari Bahasa Inggris.” Prosiding Seminar Nasional 02 (2015): 191–97.

Jazuly, A. “Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 6, no. 6(1) (2016): 33–40.

Kusmaryati, S. E., & Amertaningrum, I. P. Exploring Students Interests In Learning English (A Descriptive Study in Elementary Schools in Kudus)., 2017.

Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Manalu, Debora, Erni Asneli Asbi, Kesejahteraan Sosial, Universitas Sumatera Utara, Anak Panti Asuhan, Intervensi Makro, and Bahasa Inggris. “Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Lewat Pelaksanaan PKL 2 Di LKSA Anak Gembira” 2, no. 2 (2023): 121–29. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i2.1382.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Azzahra, F. S., Shafa Kaulah Amalia, Teguh Julian Pribadi, & Zaenal Muftie. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Asing di SDN Budigalih: Implementation of Innovative Learning Strategies in Increasing Interest in Learning Foreign Languages at Budigalih Elementary School. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 1–10. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3742