Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN 1 Cihampelas

Authors

  • Uswatun Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wafa Lisanul Mardhiyyah
  • Azka Rosihin Imani
  • Ridwan Priyansyah
  • Hamdan Sugilar

Keywords:

Kata Kunci: Belajar, Media, Pengabdian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai urgensi media belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan siswi di SDN Cihampelas. Metode pada pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan mengikuti panduan dari Lembaga Pusat Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang dikenal sebagai Pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) Moderasi Beragama yakni, dengan observasi dan wawancara secara langsung kepada masyarakat di desa Mekarmukti kecamatan Cihampelas kabupaten Bandung Barat. Salah satu komponen yang sangat penting dalam pendidikan adalah proses pembelajaran yang terjadi, karena jika proses pembelajaran yang dilakukan itu baik dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh peserta didik sehingga dapat meningkatkan motivasi selama proses pembelajaran maka hal itu dapat berdampak baik pula bagi pendidikan. Hasil yang didapat para siswa kelas 3 A, 4 A, dan 5 A lebih senang terhadap metode pembelajaran dengan media permainan. Pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa Proses belajar mengajar dikelas tidak bisa langsung menerapkan pemberian materi karena akan membuat siswa jenuh, sehingga yang dilakukan pertama kali di kelas adalah membangun hubungan baik (keharmonisan) antara siswa dan guru. jika sudah bisa membangun hubungan baik maka proses belajar mengenai materi akan lebih mudah diterima siswa.

 

References

Andi, A. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA . Jurnal riset pendidikan dasar,, 54-61.

Ekayani, Putu. "Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa." Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 2.1 (2017): 1-11.

Gumelar, A. A. (2021). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 31-39.

Hidayati, dkk. (2023). Manajemen Strategik Kepala Sekolah Dengan Menerapkan Media Pembelajaran Serbaneka untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (studi SMP Muhammadiyah 25 Rantauprapat). Jurnal EduTech Vol. 9 No. 1 Maret 2023. (87).

Junaedi, Ifan. "Proses pembelajaran yang efektif." JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) 3.2 (2019): 19-25.

Mardhanita, D. C. (2021). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Plastik sebagai Upaya Mengurangi Kebiasaan Membuang Sampah ke Sungai di Kampung Cilaku. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung,, 1(54), 92-101.

Musanna, Al. "Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2.1 (2017): 117-133.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Rohmawati, Afifatu. "Efektivitas pembelajaran." Jurnal pendidikan usia dini 9.1 (2015): 15-32.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: kencana. 228-230.

Yuliani, Y. S. (2021). Optimalisasi Pembinaan di Tk Pesona Maladina Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg. . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG,, 1(54), 23-30.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Hasanah, U., Wafa Lisanul Mardhiyyah, Azka Rosihin Imani, Ridwan Priyansyah, & Hamdan Sugilar. (2023). Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN 1 Cihampelas. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3728