Pengaruh Terapi Seft Terhadap Kecemasan Para Remaja Desa Cipendawa di Era Pandemi Covid 19

Authors

  • Anisa Marhamah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Witrin Gamayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

kecemasan, Remaja, Terapi SEFT

Abstract

 

Gangguan kecemasan saat ini tengah merajalela dikalangan masyarakat khususnya para remaja di Desa Cipendawa. Hal ini diakibatkan kasus covid 19 yang terus bertambah dan terus mengalami peningkatan, sehingga seluruh kegiatan terpaksa harus berjalan sesuai aturan pemerintah dengan cara pembatasan social distancing. Sehingga hal ini memicu kejenuhan dan keresahan bagi para remaja. Untuk menangani kasus permasalahan tersebut maka terapi SEFT dapat membantu menetralisir energi-energi negatif yang kini sedang mengancam remaja desa Cipendawa. Terapi SEFT adalah terapi alternatif yang mampu mengatasi berbagai masalah fisik dan emosi seseorang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh terapi SEFT terhadap kecemasan remaja desa cipendawa dimasa pandemi. Metode yang digunakan adalah metode pemberdayaan masyarakat, juga didukung oleh metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terapi SEFT memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan remaja Desa Cipendawa dimasa pandemi ini.

References

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 1-136.

Susilo A, Rumende, C. M, Pitoyo, C.W. (2020). Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 7(1), 45-64.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217-226

Jarnawi, “Mengelola Cemas ditengah Pandemi Corona,” J. -Taujih, vol. 3, no. 1, 2020.

L. Fitria, Neviyarni, Netrawati, and K. Yeni, “Cognitive Behavior Therapy CounselingUntuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid- 19,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 10, no. 1, 2020.

J. C. S. Devra and S. M. W. Imanuel, “Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Sikap Remaja Akibat Pandemik Covid- 19,” Malahayati Nurs. J., vol. 2, no. 4, 2020.

Zainuddin, Ahmad Faiz. Tt. Spritual Emosional Freedom Technique (SEFT) Cara Tercepat dan Termudah Mengatasi Bebagai Masalah Fisik dan Emosi. Jakarta: PT. Arga Publishing.

Zainudin, Ahmad Faiz. 2009. SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). Jakarta: Afzan Publishing

Annisa, D. F. (2016). Konsep Kecemasan (anxiety) pada Lanjut Usia (lansia). Konselor, 94-99.

Chrisnawati, G. (2019). Aplikasi pengukuran tingkat kecemasan berdasarkan skala hars berbasis android. Jurnal Teknik Komputer, 277-282.

Prabowo, R. K. (2019). Efektivitas Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Bedah Jantung. Indonesian Jurnal of Health Development, 11-18.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Marhamah, A., & Gamayanti, W. . (2021). Pengaruh Terapi Seft Terhadap Kecemasan Para Remaja Desa Cipendawa di Era Pandemi Covid 19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(26). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/365

Issue

Section

Articles