Pembentukan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Kampung Bendungan Desa Sukaluyu
Keywords:
Pojok Baca, Minat baca.Abstract
Membaca merupakan kebutuhan setiap orang terutama para siswa dalam memenuhi dan menyiapkan masa depan yang lebih baik. Lingkungan gemar membaca juga merupakan hal yang dibutuhkan oleh anak-anak, maka dari itu untuk menunjang lingkungan yang mendukung agar anak-anak memiliki minat baca yang baik, dibentuklah sebuah pojok baca.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan anak-anak. Metode pengabdian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengabdian berbasis pada pemberdayaan masyarakat (sisdamas). berdasarkan hasil penelitian realitas sosial mengenai aktivitas membaca di Kampung Bendungan sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari banyaknya anak-anak yang sulit mencerna teks atau bacaan saat kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian peneliti mencoba mengadakan kegiatan yang dapat menunjang aktivitas membaca di Kampung Bendungan, sehingga lahirlah kegiatan pojok baca.
References
Annisa Pitria Indriani, Arsyinta Hermadianti, dkk. 2022."Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler." Jurnal Abmas, 22: 37-43.
Faradina dan Nindya. 2017.“Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah” Jurnal. Hanata Widya,.6
Maharani Ony Dina. 2017.“Minat baca anak-anak di kampoeng baca kabupaten Jember”. Jurnal review pendidikan dasar: jurnal kajian pendidikan dan hasil penelitian,3: 1: 320-328.
Syahrul, Ninawati.2017.”Pembinaan dan Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pembelajaran Sastra Sejak Dini” The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching .
Wulansari, Nyi Mas Diane.2017.“Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital.” Visimedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 alifia khairunnisa, Ahmad Syarif Hidayat , Ari Mulyana, Dita Ayu Rahmawati, Qothrun Nada Laila Fadhilah, Udayani Permanaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.