Implementasi Kebudayaan Dalam Kegiatan Keagamaan Masyarakat Di Desa Pasirpogor

Authors

  • Hawa Aisya Rahma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Essy Aisyah Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indri Nur Aisah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fithri Dzikrayah

Keywords:

Kebudayaan, Keagamaan, Masyarakat

Abstract

Kebudayaan merupakan gagasan dari hasil kegiatan sehari-hari suatu kelompok masyarakat di suatu wilayah. Kebudayaan lahir dari adanya pelestarian budaya oleh generasi ke generasi. Metode yang dilakukan yaitu menggunakan metode pengabdian dengan cara berbaur dengan masyarakat, ikut serta dalam kegiatan-kegiatan lalu mengobservasi serta melakukan wawancara kepada tokoh-tokoh masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini yaitu menambah wawasan perihal kebudayaan yang terus berjalan di Desa Pasirpogor, serta mengetahui nuansa islam tradisionalis yang ada di Desa Pasirpogor. Kebudayaan yang ada di Desa Pasirpogor ialah pelestarikan nilai-nilai agama di tengah masyarakat melalui berbagai macam kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan merupakan suatu upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur agama pada individu maupun kelompok untuk diterapkan dalam tindakan sehari-hari sebagai bentuk manifestasi dari iman. Kegiatan keagamaan di Desa Pasirpogor berbagai jenisnya diantaranya ada pengajian, haul, dan pawai obor sebagai bentuk memeriahkan hari besar islam yang mana kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan oleh semua kalangan masyarakat.

References

Fitriyani. (2012). Islam dan Kebudayaan. Jurnal Al-Ulum, 132.

Kistanto, N. H. (2017). Tentang konsep kebudayaan. Fakultas ILmu Budaya Universitas Dipenogoro.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah . Bandung: Remaja Rosdayaka.

Nawari, I. (2011). Konflik Umat Beragama dan Budaya Lokal. Bandung: Lubuk Agung.

Setiadi, E. M. (2012). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.

Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan penerapannya "AspekSistem Religi, Bahasa, Pengetahuan Sosial, Kesenian dan Teknologi". Jurnal Literasiologi.

Syam, S. (2018). Tradisionalisme Islam Suatu Karakter Dan Pola Pengembangan Islam Di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 27.

Tgk, W., & Amiruddin. (2017). Antropologi Islam (Sebuah Telaah Rekontruksi Konsep Antropologi Dalam Kajian Islam). An-Nasyru.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Rahma, H. A., Putri, E. A. ., Aisah, I. N., & Fithri Dzikrayah. (2023). Implementasi Kebudayaan Dalam Kegiatan Keagamaan Masyarakat Di Desa Pasirpogor. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3607