Kuliah Kerja Nyata Berbasis Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring Di MDTA Al-Anshari

Authors

  • Azizah Amini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ramadhani Irma Tripalupi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN-DR Sisdamas, MDTA al-Anshari, Pembelajaran Daring

Abstract

Akibat dampak dari pandemi Covid-19, bidang kesehatan, keamanan, ekonomi, sosial dan bahkan juga pendidikan mengalami perubahan yang cukup besar. Oleh yang demikian, UIN Sunan Gunung Djati Bandung muncul dengan sebuah solusi agar kegiatan KKN bisa tetap dijalankan menepati protokol kesihatan yang ditetapkan pemerintah, disebut dengan nama KKN-DR Sisdamas. Berikutan pandemi ini juga menyebabkan pembelajaran di MDTA al-Anshari yang biasanya menggunakan cara tatap muka harus diubah daring sepenuhnya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu meringankan beban yang dihadapi anggota MDTA al-Anshari berikutan munculnya wabah Covid-19 yang membuat anggota madrasah sedikit kuwalahan menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh secara daring dikarenakan beberapa sebab termasuklah kekurangan bilangan guru pengajar. Metode pengabdian ini menggunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat yang terdiri atas tiga langkah yakni, Refleksi Sosial (Social Reflection), Perencanaan partisipatif (Paticipation Planning) dan Pelaksanaan program (Action Program). Pengabdian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di MDTA al-Anshari walaupun terdapat sedikit kendala, namun masih bisa berjalan dengan lancar berkat penerangan guru-guru, dedikasi para santri dan juga dampingan masing-masing orang tua setiap kali sesi pembelajaran.

 

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatam dan Aplikasinya, 8(2), 99-108. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/placentum/article/view/43008

Dadang. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Jurnal Pendidikan, Bisnis dan Hukum, 6(1), 15-24.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367-375. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu

Fridayanti, F., Aziz, R., Sururie, R. W., Uriawan, W., Zulqiah, Z., & Mardiansyah, Y. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Jurnal al-Khidmat, 2(1), 24-28. doi:10.15575/jak.v2i1.4832

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Jurnal Abdipraja: Jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 1(1), 107. Retrieved from https://doi.org/10.31002/abdipraja.vlil.3209

Qodim, H. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rumaksari, A. N. (2021). Pembelajaran Daring: Ancaman Perusahaan EdTech Pada Sekolah Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 30-36. Retrieved from https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p30-36

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. doi:10.31004/obsesi.v5i1.582

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Amini, A. ., & Tripalupi, R. I. . (2021). Kuliah Kerja Nyata Berbasis Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring Di MDTA Al-Anshari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(29), 45–58. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/360

Issue

Section

Articles