Pembinaan Bacaan Alquran, Hafalan Surat-surat Pendek dan Doa-Doa Harian serta Pengenalan Kisah-Kisah Nabi Melalui Aplikasi Rasul di TPA Al-Hidayah Desa Gempol

Authors

  • Siti Nuraisah uin sunan gunung djati bandung
  • Salman Al Farizy Akbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Nur Kholifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akhmad Dairoby Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Moh Basithullah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Lu’lu’ah Qothrun Nada Universitas Islam Negeri Walisongo

Keywords:

Aplikasit , Pengabdian, KKN, Alquran, Masyarakat

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan bacaan Alquran, hafalan surat-surat pendek, doa-doa harian dan dampak penggunaan Aplikasi Rasul TPA Al-Hidayah dalam mendukung proses pemahaman kisah-kisah Nabi pada peserta didik Taman Pendidikan Alquran (TPA). TPA Al-Hidayah merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada pendidikan agama Islam untuk anak-anak. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendidikan dan pelatihan yang menggunakan metode pengabdian dalam memberdayakan SDM anak-anak yang ada di desa Gempol. Selama periode pengabdian, kegiatan dilaksanakan dengan melakukan pengajaran dan pemberian akses terhadap lembaran doa-doa harian dan penggunaan Aplikasi Rasul, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Alquran dan penggunaan Aplikasi Rasul secara signifikan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Alquran, menghafal surat-surat pendek, mengamalkan doa-doa harian, dan memahami kisah-kisah Nabi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pendidikan agama Islam, khususnya dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pemahaman dan praktik agama. Aplikasi Rasul dapat dijadikan salah satu alat yang efektif dalam meningkatkan pembinaan keagamaan anak-anak. Dengan demikian, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan agama sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman dan praktik agama pada generasi muda.

References

Ajhuri, Kayyis Fithtri, and Moch Saichu. 2018. “Pemberdayaan Taman Pendidikan Alquran(TPQ) Melalui Penguatan SDM Di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 10 (02). https://doi.org/10.5281/zenodo.3559271.

Anwar, Rosyida Nurul. 2019. “MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL QURA (Ajhuri and Saichu 2018)N PADA IBU RUMAH TANGGA DI TPQ ANWARUL QULUB SIDOREJO.”

Fathra, Fathurahman. 2023. “MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGAJARAN AL-QUR’AN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM.” Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education 10 (2): 209–19.

Saputri, Olevia Nia, Khoirun Nissah, and Puput Fatma Arini. 2022. “Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Penguatan SDM Di Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk.” Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2): 75–81. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2877.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Nuraisah, S., Al Farizy Akbar, S., Nur Kholifah, S. ., Dairoby, A. ., Basithullah, M., & Qothrun Nada, L. (2023). Pembinaan Bacaan Alquran, Hafalan Surat-surat Pendek dan Doa-Doa Harian serta Pengenalan Kisah-Kisah Nabi Melalui Aplikasi Rasul di TPA Al-Hidayah Desa Gempol. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3555