Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Di Desa Mekarwangi Kampung Cibaliung

Authors

  • Ridwan Aria Saputra Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hapid Ali
  • Daliah Rizky Pitriani
  • Khadijah Himmatun Mardhiyyah

Keywords:

Desa Mekarwangi, pengabdian, KKN , pemberdayaan, pengelolaan sampah

Abstract

Pembangunan suatu negara tidak terlepas dari pemberdayaan masyarakat sebagai bagian integral dari proses tersebut. Mahasiswa, sebagai agen perubahan sosial, memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan yang efektif. Mereka juga berperan sebagai perantara antara aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah, dengan tanggung jawab untuk peduli terhadap masalah sosial. Metode pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pendekatan KKN Reguler berbasis pemberdayaan masyarakat atau Sisdamas yang melibatkan empat siklus: Observasi lapangan, Sosialisasi Awal, Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat, Perencanaan Partisipatif dan Sinergitas Program, serta Pelaksanaan Program, Monitoring, dan Evaluasi. Hasil kegiatan KKN ini melibatkan sosialisasi, rembug warga, dan observasi terkait masalah pengelolaan sampah di RW 08 Desa Mekarwangi. Dari hasil diskusi rembug warga, teridentifikasi kurangnya kesadaran dan sarana pengelolaan sampah yang minim di masyarakat. Oleh karena itu, dirumuskan program untuk menyediakan tempat sampah sebagai langkah awal dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Kesimpulannya, kegiatan KKN ini berhasil mengidentifikasi permasalahan pengelolaan sampah di Desa Mekarwangi Kampung Cibaliung dan mengimplementasikan program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Ini adalah langkah awal dalam mencapai lingkungan yang lebih bersih dan sehat serta mendukung pembangunan berkelanjutan.

Kata Kunci: Desa Mekarwangi, pengabdian, KKN, pemberdayaan, pengelolaan sampah

References

Artiningsih, N. K. (2018). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Tesis Universitas Diponegoro.

Gunawan Sumodiningrat, Pemberdayaan Masyarakat dan JPS Gramedia, Jakarta : Pustaka Utama, 1999

Adhitya Irvan Prasetya (2010). Upaya Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Desa Tirto martini Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Basriyanta. (2011). Memanen Sampah. Yogyakarta: Kanisius.

Dewi, H. S. (2010). Pengelolaan Sampah. Jurnal Presipitasi, IV, 2.

Cahyo, Suryaningsih, Lestari. (2017). Analisis Strategi Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Di Kota Semarang.

Fahrudin, A. (2011). Pemberdayaan, Partisipasi, Dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Buku Pendidikan –Anggota IKAPI.

Indonesia, U.-U. R. (2008). Pengelolaan Sampah Pasal 12 .

Jumar, F. K. (2014). Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.

Journal Administrative, 771-782. Peraturan Pemerintah Nomor 27. (1999). Tentang Analisa Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Qodim, H. (2022). Juknis KKN REGULER SISDAMAS. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati: Bandung.

Sahil, J. (2016). Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate.

Undang-Undang nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Ridwan Aria Saputra, Hapid Ali, Daliah Rizky Pitriani, & Khadijah Himmatun Mardhiyyah. (2023). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Di Desa Mekarwangi Kampung Cibaliung . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3553