Urgensi Majelis Taklim Dkm Al-Hidayah Di Lingkungan Cisauheun Sebagai Media Sosialisasi Pencegahan Berita Hoax

Authors

  • Elly Marlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raihan Aqhsal Arighi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dyna Aulia Rahmat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sherina Lailan Musdhalifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Isni Budi Hedianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Berita Bohong (Hoax), Vaksinasi, Pengabdian

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini semakin pesat, beragam informasi dapat dengan mudah diakses oleh seluruh kalangan masyarakat, sehingga dalam menerima dan menyebarkan informasi harus selaras dengan kebenarannya. Namun, seringkali terjadi kesalah pahaman dalam menerima informasi yang beredar karena di pengaruhi oleh pola pikir yang berbeda. Majelis taklim merupakan salah satu media penyampaian dakwah di masyarakat, baik masyarakat pedesaan maupun masyarakat perkotaan. Adanya majelis taklim ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melaksanakan salah satu program kerja dalam kegiatan KKN-DR Sisdamas yakni dalam bentuk sosialisasi. Sosialisasi ini bertujuan untuk meluruskan pola pikir masyarakat di lingkungan Cisauheun dalam menanggapi berita bohong (hoax) dan bagaimana cara mencegah berita bohong (hoax) tentang vaksinasi Covid-19. Metode pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan sosialisasi dalam menyikapi berita bohong (hoax) agar tidak mudah terprovokasi berita bohong tentang vaksinasi di masa pandemi serta menyampaikan bentuk pencegahan berita bohong (hoax) tersebut. Adapun hasil dari sosialisasi ini masyarakat mulai terlihat menumbuhkan sikap sadar dengan senantiasa taat terhadap protokol kesehatan serta meningkatnya angka vaksinasi Covid-19 di lingkungan Cisauheun.

 

References

Siregar, H. Imran dan Moh. Shofiuddin. 2003. Pendidikan Agama Luar Sekolah (Studi Tentang Majelis Taklim). Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Departemen Agama RI.

Hamid, Harizah. 1991. Majelis Ta’lim. Jakarta: Bulan Bintang.

As-Siba'i, Musthafa. 2011. Sirah Nabawi Pelajaran dari Kehidupan Nabi. Solo: Era Adicitra Intermedia.

Hendri, Septanto. 2018. Pengaruh Hoax dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat. Jakarta: Kalbiscientia.

Maulana, Luthfi. 2017. Kitab Suci dan Hoax: Pandangan Al-Qur’an dalam Menyikapi Berita bohong. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya.

Budiman, Ahmad. 2017. “Berita bohong (hoax) di Media Sosial dan Pembentukan Opini Publik. Majalah info singkat Pemerintahan dalam Negeri Isu Aktual.

Holmes, David. 2012. Teori Komunikasi: Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juditha, Christiany. 2018. Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya. Jakarta: Jurnal Pekommas.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Marlina, E. ., Arighi, R. A. ., Rahmat, D. A. ., Musdhalifah, S. L. ., & Hedianti, I. B. . (2021). Urgensi Majelis Taklim Dkm Al-Hidayah Di Lingkungan Cisauheun Sebagai Media Sosialisasi Pencegahan Berita Hoax. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(29), 1–13. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/354

Issue

Section

Articles