KKN Sisdamas: Maksimalkan Peran Mahasiswa KKN sebagai tenaga pengajar dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Desa Cibodas Dusun IV

Penulis

  • Reisyahrir Zufataqi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Rizka Apriliani Apriliani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khaulah Muzzayyanatul Haqq Haqq UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dina Marliana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Cibodas, Pasirjambu, KKN, Program, Komunitas, Pendidikan

Abstrak

Pendidikan memiliki peran sentral dalam pembangunan suatu negara, terutama dalam membentuk generasi berkualitas. Namun, di banyak wilayah perdesaan, pendidikan menghadapi berbagai tantangan. Desa Cibodas Dusun IV di Kabupaten Bandung juga menghadapi masalah serupa, seperti kurangnya aksesibilitas dan sumber daya pendidikan yang terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan berbagai pihak di Desa Cibodas Dusun IV, seperti Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT, Karang Taruna, warga, dan Kepala Sekolah. Data sekunder berupa dokumentasi juga digunakan untuk mendukung informasi terkait tim KKN, lokasi KKN, dan kegiatan KKN. Metode pembelajaran yang diimplementasikan adalah metode Direct Instruction, yang melibatkan penyampaian pengetahuan langsung dari instruktur kepada siswa melalui berbagai teknik ekspositori. Hasil dari program kerja ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa, peningkatan kedisiplinan, dan peningkatan pemahaman materi pelajaran. Sebagai hasilnya, artikel ini mencerminkan kontribusi positif dari mahasiswa KKN dalam upaya meningkatkan pendidikan di Desa Cibodas Dusun IV.

Referensi

Aliyyah, R.R. et al. (2021) ‘Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), pp. 663–676

Lestari, S., Ardian, N. and Harahap, N. (2021) ‘Implikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Mendidik Generasi Qurani di Masa Pandemi Covid-19’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), pp. 81–86.doi:10.33487/edumaspul.v5i2.2045.

Nugraha Wahyudi, D. et al. (2021) ‘KKN DR Sisdamas: Pelaksanaan Pendidikan Islam di Kampung Cibiru Beet’, (Desember). Available at: https://proceedings.uindsgd.ac.id/index.php/Proceedings.

Pidartana, M. (2009). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ramdhani Wahyu Sururie, D. (2016). MODEL KKN SISDAMAS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG: TANTANGAN DAN PELUANG PELAKSANAAN. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaralat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Zufataqi, R., Apriliani, D. R. A., Haqq, K. M. H., & Marliana, D. (2023). KKN Sisdamas: Maksimalkan Peran Mahasiswa KKN sebagai tenaga pengajar dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Desa Cibodas Dusun IV. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3), 23–30. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3499