Pelaksanaan Kerja Bakti Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Rw 10, Kampung Ciseupan, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung

Authors

  • Indri Oktavia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanang Hidayat
  • Silvya Putri Lestari
  • Dina Marliana

Keywords:

Pemberdayaa, Masyarakat, Kerja Bakti

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan yang wajib dilakukan oleh para mahasiswa. Oleh karena itu, KKN Kelompok 145 Tahun 2023 melaksanakan program kerja dengan tema KKN SISDAMAS Moderasi Beragama yang dilaksanakan di Desa Cibodas, Dusun 4, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dari tanggal 11 Juli sampai 19 Agustus 2023. Kegiatan Kerja bakti ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat, baik yang tua, muda maupaun anak-anak, dengan adanya mahasiswa KKN akan mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat, serta membantu kegiatan masyarakat dan memberikan sumbangan tenaga maupun pikiran untuk masyarakat supaya menciptakan lingkungan yang bersih dan juga mengingatkan kembali pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

References

Daffa, Tamam Milzadi. 2023. “TA: Perancangan Media Kampanye Sosial 3R Sampah Rumah Tangga Berbasis Motion Graphic Guna Mengurangi Banjir Di Surabaya.” Universitas Dinamika.

Ratnaningsih, Ratnaningsih, Dwi Indrawati, Astri Rinanti, and Asih Wijayanti. 2020. “Training for Fasilitator (Tff) Desa Bersih Dan Pengelolaan Sampah 3R (Bank Sampah) Di Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.” Jurnal AKAL: Abdimas Dan Kearifan Lokal 1 (1).

Sumyati, Ani, and Deden Sumpena. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ecovillage.” Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 5 (4).

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Oktavia, I., Indri, Nanang Hidayat, Silvya Putri Lestari, & Dina Marliana. (2023). Pelaksanaan Kerja Bakti Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Rw 10, Kampung Ciseupan, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3485