Penerapan Discovery Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SDN Waluya Desa Pangarengan

Authors

  • Erlin maehwa Sani UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • M. Sandi Marta
  • Bening Thahira
  • Lulu Kamilah

Keywords:

discovery learning, motivasi belajar, Pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam hidup, rendahnya motivasi yang dimiliki anak untuk belajar dan menempuh pendidikan menjadi hal yang harus diperhatikan banyak pihak. Dalam hal ini tenaga pendidik juga ikut terdorong untuk menemukan cara atau metode baru untuk menaikan minat belajar anak didiknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis efektivitas discovery learning  dengan mengajak  siswa-siswi di SDN Waluya belajar di alam terbuka untuk memberikan stimulus dan kepekaan mereka untuk mengobservasi lingkungan sekitarnya. Berdasarkan observasi awal peneliti menemukan fenomena mulai rendahnya motivasi masyarakat untuk mengenyam pendidikan karena keadaan sosial. Peneliti mencoba melakukan analisis kepada siswa-siswi di SDN Waluya yang menunjukan jika motivasi belajar anak-anak bisa dibentuk dan dirawat dengan menggunakan metode belajar yang baru dan beragam. Siswa-siswi harus diberikan acuan untuk terus mengeskplor banyak hal dan mendorong rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini juga menjadi perhatian karena tenaga pendidiik yang tersedia sangat seidkit dan mendorong tenaga pendidik untuk terus berinovasi dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar.

References

ADENINAWATY, Dewi, et al. Penerapan model pembelajaran discovery learning strategi think talk write dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar menulis teks ulasan kelas VIII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2018, 1.2: 75-88.

ANA, Nabila Yuli. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2018, 2.1.

ARIKUNTO, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta..(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.SINAMBELA, Pardomuan NJM. Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 2017, 6.2.Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta

KRISTIN, Firosalia. Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2016, 2.1: 90-98.

MUHAMAD, Nurdin. Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 2017, 10.1: 9-22.

MUSNIATI, MUSNIATI. PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWAPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN PEMBELAJARAN SISWA AKTIF (CHILDREN ACTIVE LEARNING) D. JURNAL ILMIAH SIMANTEK, 2023, 7.2: 140-143.

SULFEMI, Wahyu Bagja. Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2019, 5.1.

TURNIP, Rini. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015. 2016. PhD Thesis. UNIMED.

ZAIN, Aswan; DJARMARAH, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Kemampuan Spasial, 2010.

MOLEONG, Lexi J.; EDISI, P. R. R. B. Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 2004, 3.01.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Sani, E. maehwa, M. Sandi Marta, Bening Thahira, & Lulu Kamilah. (2023). Penerapan Discovery Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SDN Waluya Desa Pangarengan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3461