Penerapan Metode Implicit Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MTs Persis 165 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Intan Yuniar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mila Meilani
  • Muhammad Nur Aulia Rahman

Kata Kunci:

Metode implicit learning, Motivasi Siswa

Abstrak

Penerapan metode implicit learning ialah metodepembelajaran yang digunakan sesuai dengankarakteristik siswa yang terjadi tanpa disadari oleh siswa itu sendiri. Dengan menggunakan metode ini,siswa dapat memperoleh pengetahuan tanpa menyadarisecara explicit. Contoh umum dalam metodepembelajaran implicit learning ialah learn through play. Kurangnya minat serta motivasi siswa dalambelajar bahasa inggis menjadi dasar dalam melakukanpenelitian ini. Metode implicit learning ini digunakanuntuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MtsPersis 165, Desa Rancakole. Penelitian inimenggunakan metode implicit learning yang mana siswa learn through play, diantaranya, dengan game seperti board race serta hot seat. Game Board race ialah teknik pembelajaran melalui game yang digunakan untuk meningkatkan motivasi serta minatsiswa. Board race ini adalah game berbasis kelompokyang menstimulasi siswa bekerja sama untukmenuliskan vocabulary yang diperoleh sebanyak-banyaknya dipapan tulis. Board race ini dapatmembantu untuk meningkatkan vocabulary sertalistening skills siswa. Kemudian, selanjutnya yaitu hot seat. Hot seat ialah game yang mendorong siswa untukbekerja sama secara berkelompok yang dapatmembantu siswa dalam meningkatkan vocabulary. Penelitian ini mengguankan metode kualitatif dengananalisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialahsiswa kelas 8A Mts Persis 165 yang berjumlah 23siswa. Data penelitian ini diperoleh dari observasilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, metode implicit learning dapat meningkatkan motivasisiswa di Mts Persis 165 dalam belajar bahasa inggris. Hal ini dilihat bahwa siswa menunjukan antuasiasselama pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwapenerapan metode implicit learning dalampembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkanmotivasi dapat didukung melalui metode implicit learning.

Kata Kunci: Metode implicit learning, motivasi siswa.

Referensi

Dornyei, Z. “Psychology of language learning: The past, present and future,” Journal for the Psychology of Language Learning, no. 1, (2019): 22–41, https://doi.org/10.52598/jpll/1/1/3

Prestasi Global. “Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Prestasi Global, April 20, 2021. https://www.prestasiglobal.id/karakteristik-siswa-sekolah-menengah-pertama/

Rahman, Abd. Et al., “Pengertian Pendidikan, Ilmu pendidikan dan unsur-unsur Pendidikan,” Journal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan 2, no. 1 (Juni, 2022): 1-8

Sohwah, Wildan. “Dua Metode Dalam Mempelajari Bahasa Inggris,” Wilenglish. https://wilenglish.com/dua-metode-dalam-mempelajari-bahasa-inggris/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Intan Yuniar, Meilani, M., & Nur Aulia Rahman, M. . (2024). Penerapan Metode Implicit Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MTs Persis 165 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 42–428. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3395

Terbitan

Bagian

Articles