Sosialisasi Manejemen Keuangan Keluarga dalam Membantu Mengelola Keuangan Keluarga yang Lebih Baik dan Sejahtera

Authors

  • Rachal Humairoh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Soca Lugia Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tria Regina Fauzia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Alamendah, Uang, Manajemen, Sosialisasi

Abstract

Uang merupakan salah satu bagian terpenting bagi peradaban manusia modern saat ini. Begitu pentingnya uang dalam peradaban manusia sehingga uang dapat menjadi sumber bahagia dan juga bisa menjadi sumber malapetaka bagi keluarga. Untuk dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan uang yang dimiliki agar lebih bermanfaat bagi kehidupan berkeluarga, maka perlu pengelolaan atau manajemen keuangan keluarga dengan benar. Manajemen keuangan keluarga dapat diartikan sebagai bentuk perencanaan, pengelolaan, pemeriksaan, penganggaran, pencarian dan pengendalian serta penyimpanan di dalam keluarga. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkhusus di kawasan RW 03 Desa Alamendah bahwa pengelolaan keuangan keluarga itu sangat penting agar dapat mengatur pendapatan dan pengeluaran dalam keuangan keluarga lebih stabil. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini merupakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik perolehan data didapatkan dari beberapa tahapan diantaranya, tahap observasi dan wawancara, dan tahap kegiatan sosialisasi. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini berupa pemahaman masyarakat mengenai Manajemen Keuangan Keluarga dan dapat menerapkan secara langsung di setiap keluarga masyarakat itu sendiri seperti menyusun anggaran keluarga, mengurangi pembelian yang bersifat hedonisme, dan mengurangi utang kredit.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Humairoh, R., Sari, S. L. ., & Fauzia, T. R. (2024). Sosialisasi Manejemen Keuangan Keluarga dalam Membantu Mengelola Keuangan Keluarga yang Lebih Baik dan Sejahtera. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 572–581. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3339