Sosialisasi Anti-Bullying: Upaya Mengadakan Acara Seminar Untuk Meningkatkan Kesadaran di Sekolah Dasar Negeri 02 Cikande

Authors

  • Abdulah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aldri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alief UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bullying, siswa, problem solving

Abstract

Pemahaman anti-bullying sangat penting karena dianggap sebagai dasar pondasi terhadap karakter dan budi pekerti anak. Terutama masa kecil merupakan masa perkembangan yang dianggap sebagai masa emas (golden age). Penerapan nilai-nilai anti-bullying yang diajarkan kepada anak sangat mempengaruhi keadaan pikiran, jiwa dan emosional anak di masa depan dengan menunjukkan cara untuk bersikap dengan baik dan benar. Kegiatan KKN ini menggunakan metode pengabdian. Dan penelitian yang digunakan dalam penyusunan ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas pada materi Seminar anti-bullying pada siswa kelas IV, V dan VI SDN 02 Cikande mengenai pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Problem Solving. Hasilnya masih banyak yang tidak tuntas atau belum berhasil. Sedangkan setelah melakukan penerapan strategi tersebut siswa diminta untuk mengisi soal posttes. Adapun hasilnya sangat memuaskan bahwasannya semua siswa tuntas belajar dalam artian mengalami peningkatan hasil belajar. hasil penelitian tentang penerapan metode Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi anti-bullying diperoleh hasil bahwa penguasaan sebelum diterapkan metode Problem Solving pada materi anti-bullying masih sangat rendah dan masih banyak yang belum tuntas .

 

References

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA DALAM MELAKUKAN BULLYING OLEH (Vol. 4, Issue 2). http://repository.usu.ac.id

Yuliani, D. (2018). Pendekatan Sistem Untuk Memahami Pendekatan Organisasi Sebuah Perspektif Untuk Agenda Diagnostic Reading. Jurnal Inspirasi Volume 9 Nomor 2, 74

Munawwaroh, Z. (2017). Analisis Manajemen Risiko Pada Pelaksanaan Program Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Volume XXIV Nomor 2, 77

Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 1, 110-112

Ariesto, Asdrian, (2009). Bullying dan Program Antibullying. Kelola:FISIP UI

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Safe’i, A., Ardiansyah, A., Sofyan, A., & Firdaus, A. F. M. (2024). Sosialisasi Anti-Bullying: Upaya Mengadakan Acara Seminar Untuk Meningkatkan Kesadaran di Sekolah Dasar Negeri 02 Cikande. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 618–627. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3337