Dampak Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Microsoft Word pada Remaja Desa Pasirjambu

Penulis

  • Bintang Indar Ramadhani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kezia Safa Andrena
  • Kirana Puspa Susilowati

Kata Kunci:

pembelajaran berbasis proyek, microsoft word, motivasi belajar

Abstrak

Pelatihan Microsoft Word dengan Pembelajaran Berbasis Proyek pada remaja Desa Pasirjambu merupakan kegiatan yang penting untuk diadakan.  Hal ini dikarenakan pengetahuan dan keterampilan tentang Microsoft Word menjadi suatu kompetensi yang perlu dimiliki di era berkembang pesatnya teknologi. Dalam pelaksanaan kegiatan ini digunakan pendekatan pengabdian Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pada pemberdayaan Masyarakat. Pelatihan ini menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek sehingga peserta diberikan sebuah tugas untuk diselesaikan secara berkelompok. Pembelajaran Berbasis Proyek bertujuan untuk mengajarkan keterampilan Microsoft Word sebagai kemampuan untuk melakukan tugas yang bisa meningkatkan motivasi belajar. Beberapa karakteristik motivasi belajar yang terdapat selama pelatihan dapat diamati secara langsung selama kegiatan dilaksanakan. Adapun karakteristik motivasi tersebut menurut teori McClelland diantaranya adalah memungkinkan orang mencapai kesuksesan melalui usaha dan kemampuan, situasi pencapaian dicirikan oleh tingkat kesulitan dan risiko, dan selama pembelajaran ada umpan balik yang jelas. Hasil Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pelatihan Microsoft Word ini berupa contoh proposal kegiatan 17 Agustus yang dibuat oleh peserta pelatihan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-20

Cara Mengutip

Ramadhani, B. I., Andrena, K. S., & Susilowati, K. P. (2023). Dampak Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Microsoft Word pada Remaja Desa Pasirjambu. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 67–73. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3309