Upaya Optimalisasi Kemampuan Diri Siswa melalui Layanan Mentoring dan Multiple Intelleigence Test di SMK Cendikia
Keywords:
Kemampuan Diri, Mentoring, Multiple Intellegensi TestAbstract
Penelitian yang diteliti oleh peneliti berjudul Upaya Optimalisasi Kemampuan Diri Siswa melalui Layanan Mentoring dan Multiple Intellegensi Test di SMK Cendikia Paseh dengan permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya pengembangan potensi diri untuk mengoptimalisasikan kemampuan diri dalam menentukan tujuan hidup selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode pengabdian SISDAMAS dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang didalamnya memiliki empat tahapan yaitu refleksi sosial, menyusun dan merancang kegiatan dari masalah yang telah ditemukan sebelumnya, melaksanakan kegiatan dan mengadakan evaluasi. Teknik dalam menganalisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan metode penulisan yang digunakan adalah metode gabungan. Hasil dari kegiatan serta penelitian yang dilakukan adalah siswa SMK Cendikia Paseh lebih dapat mengenali kemampuan, kelebihan serta kekurangan yang dimiliki dalam dirinya sendiri
References
Hurlock, E. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Gardner, H. 2003. Kecerdasan Majemuk. Batam: Interaksara.
Husnul, Q. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Muslim. 2016. Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1, 77-85.
Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Robbins, S. P. 2009. Organizational Behavior. USA: Pearson International Edition.
Rose, B. &. 2007. The Roots And Meaning Of Mentoring. Journal of Mentoring, 9, 125-137.
Umar, A. S. 2020. Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Wujud Pengabdian kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1, 39-44.
Yusuf, S. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ajrina Amalia Solihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.