Upaya Optimalisasi Kemampuan Diri Siswa melalui Layanan Mentoring dan Multiple Intelleigence Test di SMK Cendikia

Authors

  • Ajrina Amalia Solihah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amelya Adiningsih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aulia Robbaniyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Najmudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sayyid Ali Hilman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kemampuan Diri, Mentoring, Multiple Intellegensi Test

Abstract

Penelitian yang diteliti oleh peneliti berjudul Upaya Optimalisasi Kemampuan Diri Siswa melalui Layanan Mentoring dan Multiple Intellegensi Test di SMK Cendikia Paseh dengan permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya pengembangan potensi diri untuk mengoptimalisasikan kemampuan diri dalam menentukan tujuan hidup selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode pengabdian SISDAMAS dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang didalamnya memiliki empat tahapan yaitu refleksi sosial, menyusun dan merancang kegiatan dari masalah yang telah ditemukan sebelumnya, melaksanakan kegiatan dan mengadakan evaluasi. Teknik dalam menganalisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan metode penulisan yang digunakan adalah metode gabungan. Hasil dari kegiatan serta penelitian yang dilakukan adalah siswa SMK Cendikia Paseh lebih dapat mengenali kemampuan, kelebihan serta kekurangan yang dimiliki dalam dirinya sendiri

References

Hurlock, E. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Gardner, H. 2003. Kecerdasan Majemuk. Batam: Interaksara.

Husnul, Q. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata dari Rumah. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Muslim. 2016. Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1, 77-85.

Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. P. 2009. Organizational Behavior. USA: Pearson International Edition.

Rose, B. &. 2007. The Roots And Meaning Of Mentoring. Journal of Mentoring, 9, 125-137.

Umar, A. S. 2020. Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Wujud Pengabdian kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1, 39-44.

Yusuf, S. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Solihah, A. A. ., Adiningsih, A., Robbaniyah, A., Najmudin, D., & Hilman, S. A. (2021). Upaya Optimalisasi Kemampuan Diri Siswa melalui Layanan Mentoring dan Multiple Intelleigence Test di SMK Cendikia. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 94–105. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/328

Issue

Section

Articles