Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Sertifikasi Halal di Desa Kertajaya
Keywords:
Pemberdayaan, Sertifikasi halal, UMKMAbstract
Sertifikasi halal merupakan suatu langkah strategis yang dapat meningkatkan daya saing dan akses pasar yang lebih luas bagi produk-produk UMKM. Rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat menjadikan program sertifikasi halal merupakan langkah yang tepat untuk pemberdayaan UMKM di Desa Kertajaya. Dengan memahami pentingnya sertifikasi halal, masyarakat Desa Kertajaya dapat mengembangkan produk-produk mereka dengan memenuhi standar kehalalan yang diakui secara global. Dalam pengabdian ini, metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan “penelitian dan pengembangan”. Pengumpulan data dalam pengabdian ini dilakukan melalui metode pengamatan partisipatif, wawancara, survei, dan analisis data untuk menilai dampak dari implementasi sertifikasi halal. Hasil pengabdian menunjukan bahwa setelah melakukan program sertifikasi halal, pelaku UMKM di Desa Kertajaya mengalami peningkatan kepercayaan konsumen, membuka
peluang pasar baru bagi UMKM di desa, serta menunjukan peningkatan yang signifikan terhadap kesadaran dan pengetahuan masyarakat Desa Kertajaya mengenai sertifikasi halal. Dengan demikian, diharapkan pemberdayaan UMKM melalui sertifikasi halal dapat menjadi model yang efektif dalam meningkatkan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat Desa Kertajaya.
References
Arfah Sahabudin, N. S. 2023, Februari 07. "Proses Pendaftaran Sertifikasi Halal Berdasarkan
Pernyataan Pelaku Usaha." Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2 No 1, 119 - 130.
BFI. 2023, Februari 17. PT BFI Finance Indonesia Tbk. Retrieved from BFI Finance web site:
https://www.bfi.co.id/id/blog/nib-adalah-definisi-syarat-dan-cara-membuatnya
Devid Frastiawan Amir Sup, A. S. 2020, Juni. "Dinamika Regulasi Sertifikasi Halal di Indonesia."
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, X No 1, 36 - 44.
Faridah, H. D. 2019, Desember. "Sertifikasi Halal di Indonesia : Sejarah, Perkembangan, dan
Implementasi." Journal of Halal Product and Research, 2 Nomor 2, 68 - 78.
Hana Catur Wahyuni, P. H. 2023, Februari. "Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya
Saing Produk UMKM." To Maega Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6 No 1, 17 - 25.
Warto, S. 2020, Juli. "Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia."
Journal of Islamic Economics and Banking, 2 No 1, 98 - 112. doi:10.31000/almaal.v2il.2803
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Silmi Kaffah Nur Millati, Itsna Anggraeni Luthfiyah, Randika Muhamad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.